facebook

Modifikasi BeAT Standar: Tanpa Bongkar Mesin, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Meraih Kecepatan Optimal

Cesar Uji Tawakal
Modifikasi BeAT Standar: Tanpa Bongkar Mesin, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Meraih Kecepatan Optimal
Sebuah Honda Beat sedang diproduksi di salah satu fasilitas produksi Astra Honda Motor (AHM). [Dok. AHM]

Ide modifikasi BeAT standar sebenarnya cukup banyak, tentu tanpa mengoprek dapur mesin terlalu ekstrim. Simak rekomendasinya di sini!

Suara.com - Mungkin jika membahas mengenai oprekan motor Honda BeAT tak akan ada habisnya. Tren modif kirian, oprekan komponen di bagian dalam CVT, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Anda sebenarnya ada aliran modifikasi BeAT standar yang bisa dilakukan tanpa membongkar mesin, namun bisa memberikan peningkatan kecepatan dan akselerasi?

Ide modifikasi ini, alih-alih berfokus pada oprekan mesin dan komponen di bagian dalam, justru memperhatikan komponen yang berada di luar dan perawatan rutinnya. Maka tanpa banyak pengantar lagi, berikut ide modifikasi BeAT standar yang bisa meningkatkan akselerasi tanpa harus membongkar mesin.

1. Knalpot Aftermarket

Komponen ini sangat populer untuk membantu meningkatkan keluaran tenaga dari kendaraan. Pada BeAT, hal yang sama juga berlaku. Penggantian knalpot standar dengan knalpot aftermarket bisa jadi solusi untuk menambah tenaga dan akselerasi dari motor BeAT yang Anda miliki.

Baca Juga: Event Trail Jadi Ajang Mengenalkan Pariwisata Jateng ke Dunia

Anda bisa dengan mudah mendapatkan model knalpot aftermarket model racing di pasaran. Hanya saja, pastikan memilih model yang sesuai dengan BeAT, sehingga bisa dipasang dengan baik tanpa harus menambah atau mengurangi bagian motor.

2. Gunakan Velg Lebih Ringan

Modifikasi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pada bagian velg motor. Velg standar terbilang memiliki bobot yang lumayan, jika dibandingkan dengan velg model racing yang bisa Anda temukan. Velg racing cenderung dibuat dari bahan yang kuat, namun dengan bobot yang ringan.

Menurunnya bobot total kendaraan akan meringankan kerja mesin, sehingga keluaran tenaga yang dihasilkan bisa semakin terasa.

3. Lengkapi dengan Ban Soft Compound

Baca Juga: Pencinta Vespa-Lambretta di Ibu Kota, Mari Jumpa Sabtu Ini di Jakarta Mods Mayday

Untuk mengoptimalkan grip ban pada aspal dan memberikan akselerasi yang lebih baik, maka penggunaan ban jenis soft compound bisa jadi pilihan. Mengapa? Sebab ban model ini cenderung digunakan pada kegiatan balapan yang mengedepankan akselerasi.

Dengan grip yang lebih baik, laju motor bisa benar-benar optimal. Namun konsekuensi yang harus dihadapi adalah ban model ini sedikit lebih boros dibandingkan model standar, karena teksturnya lebih empuk.

4. Modifikasi pada Karburator

Modifikasi karburator jadi alternatif lain untuk melakukan modifikasi BeAT standar tanpa mengoprek bagian mesin terlalu dalam. Modifikasi yang dilakukan adalah dengan mengganti spuyer karburator dengan ukuran yang lebih besar.

Meski demikian penggantian ini tetap harus dalam batas wajar, agar tidak membuat motor menjadi tidak perform. Penggantian asal-asalan dapat membuat motor menjadi tersendat, dan sama sekali tidak nyaman digunakan.

Buat penunggang Beat versi injeksi, Anda bisa menggunakan ECU yang punya andil dalam timing pengapian.

5. Perawatan Rutin

Mesin yang bekerja optimal dapat memberikan keluaran tenaga yang optimal pula. Mesin yang bekerja optimal, harus berada dalam kondisi bersih dan baik. Maka dari itu, perawatan rutin yang disiplin harus dilakukan untuk membantu modifikasi lain yang sudah dilakukan sebelumnya, sehingga performa dan akselerasi bisa dirasakan secara penuh.

Itu tadi, beberapa cara modifikasi BeAT standar tanpa mengoprek bagian dalam mesin terlalu banyak. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar