Resmikan Kontes Mobil Bhayangkara 2022, Gubernur Herman Deru Harapkan Peserta Jadi Duta Lalu Lintas

RR Ukirsari Manggalani
Resmikan Kontes Mobil Bhayangkara 2022, Gubernur Herman Deru Harapkan Peserta Jadi Duta Lalu Lintas
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengunjungi mobil sedan Chevrolet Impala pabrikan Amerika tahun 1960 dengan orisinalitas modifikasi tinggi milik peserta dalam Kontes Mobil Bhayangkara di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel, Jalan POM IX, Palembang, Sabtu (16/7/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Gubernur Sumsel mengharapkan para pencinta otomotif utamanya peserta menjadi duta lalu lintas.

Suara.com - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang meresmikan pembukaan Kontes Mobil Bhayangkara 2022 berharap agar para partisipan acara ini, khususnya mobil klasik bisa dijadikan duta aparat Kepolisian untuk mengedukasi keselamatan berlalu lintas di tengah masyarakat.

Dikutip dari kantor berita Antara, pada Sabtu (16/7/2022), Gubernur Herman Deru di Palembang mengatakan, hal ini dikarenakan sebagian besar pencinta mobil klasik sangat memperhatikan kelayakan kendaraan yang mereka miliki. Baik secara fisik maupun kelengkapan dokumen pendukungnya.

Budiman (60) pemilik mobil Chevrolet Impala Pabrikan Amerika Serikat tahun 1960 yang ikutserta dalam Kontes Mobil Bhayangkara 2022 Polda Sumatera Selatan, di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel, Jalan POM IX, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (16/7/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)
Budiman (60) pemilik mobil Chevrolet Impala Pabrikan Amerika Serikat tahun 1960 yang ikutserta dalam Kontes Mobil Bhayangkara 2022 Polda Sumatera Selatan, di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel, Jalan POM IX, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (16/7/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Sebab, memiliki kendaraan klasik yang terawat, surat lengkap, dan pajak aktif merupakan sebuah kepuasan tersendiri.

"Bila mobil terawat menjadi nyaman dan aman untuk dikendarai, sehingga saya berharap para pencinta mobil klasik diberdayakan sebagai duta keselamatan berlalu lintas karena mampu merepresentasikan keselamatan, karena keselamatan itu amat penting," tandasnya usai membuka Kontes Mobil Bhayangkara 2022 di halaman gedung DPRD Provinsi Sumsel.

Baca Juga: Kolaborasi RMC dan Dynaworks Manjakan Para Pecinta Mobil Klasik

Terlepas dari itu, Pemprov Sumsel dan Polda menaruh perhatian yang lebih untuk menunjang keselamatan masyarakat dalam berlalu lintas khususnya di jalan raya.

Penunjang keselamatan masyarakat ini dilakukan di antaranya dengan memasangkan kamera pengawas atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) pada jalan raya di setiap 17 kabupaten/kota yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja sehingga penindakan bisa cepat dilakukan.

"Tapi upaya itu tidak cukup untuk menekan angka pelanggaran ataupun kecelakaan lalu lintas, bila tanpa diiringi dengan kesadaran masyarakat itu sendiri," tukas Gubernur Sumatera Selatan itu.

Sebanyak 120 pencinta mobil klasik yang mengikuti Kontes Mobil Bhayangkara digelar pada Sabtu hingga Minggu (17/7) itu dalam rangka merayakan hari ulang tahun Bhayangkara ke-76.

Baca Juga: Sosialisasi Keselamatan Berlalu-lintas, Polres Asahan Sumatera Utara Berikan Edukasi kepada Murid Sekolah

Ketua Pelaksana Kontes Mobil Bhayangkara Kombes Pol Iskandar F Sutisna menyampaikan ratusan peserta sebagian besar berasal dari Sumsel, dengan mobil kategori off-road, Sport Utillity Vehicle (SUV), safari, dan sedan pabrikan Jepang, Amerika dan Eropa tahun produksi 1960 - 2021.

"Kami berharap melalui kontes ini dapat memotivasi pegiat otomotif, khususnya mobil klasik Sumsel untuk berkarya lebih baik lagi, sekaligus bisa menjadi mitra untuk mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat sebagaimana yang diharapkan," harapnya.

"Modifikasi kendaraan tidak sebatas keindahan atau keunikan tapi juga kelayakan, kenyamanan, keamanan berkendara termasuk, kelengkapan surat kendaraan. Dari situ bisa dicontoh masyarakat nantinya," tambah Kombes Pol Iskandar F Sutisna didampingi Direktur Ditlantas Polda Sumsel Kombes Pol. M Pratama Adhyasastra.