Mobil Listrik Bekas Generasi Pertama Bakal Mengalami Penurunan Harga Seiring Usianya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mobil Listrik Bekas Generasi Pertama Bakal Mengalami Penurunan Harga Seiring Usianya
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik di SPKLU (Unsplash/Michael Fousert)

Disebutkan harga mobil-mobil listrik akan mengalami penurunan di beberapa bulan mendatang.

Suara.com - Sebuah penelitian yang dilakukan iSeecars menunjukkan bila harga mobil listrik bekas di Amerika Serikat yang berusia satu hingga lima tahun mengalami penurunan.

Penelitian itu menyimpulkan bahwa harga rata-rata mobil listrik mengalami penurunan sejalan usia mobil yang semakin tua.

"Hingga saat ini, kendaraan listrik generasi pertama biasanya terdepresiasi dengan cepat karena peningkatan teknologi baterai dan kurangnya permintaan pasar," jelas Karl Brauer, Analis Eksekutif iSeeCars, dikutip dari Carscoops.

Baca Juga: Sebut Esemka Versi Jokowi Barang Rongsokan, Rocky Gerung: Yang Sekarang Pencitraan

Namun demikian, melonjaknya harga gas dunia dan perbaikan infrastruktur pengisian daya turut mendorong lonjakan permintaan terhadap mobil listrik bekas.

Survei menemukan harga rata-rata mobil listrik bekas pada Juli mengalami peningkatan 54,3 persen setiap tahunnya. Sementara harga mobil dengan mesin pembakaran hanya mengalami kenaikan 10,1 persen.

"Survei yang dilakukan telah menganalisis harga hampir 14 juta kendaraan bekas yang berusia satu hingga lima tahun," ungkap Brauer.

Lebih lanjut, data memperlihatkan baik mobil listrik dan mobil bensin mengalami kenaikan pada awal tahun. Tetapi kenaikan harga untuk keduanya mulai melambat pada Februari dan Maret.

Baca Juga: Peringkat Reputasi Brand Variety Show Februari Telah Diumumkan, Ada Kim Heechul Super Junior!

"Penting bagi calon konsumen untuk bersabar. Karena harga mobil listrik bekas diperkirakan akan turun dalam beberapa bulan mendatang," tutup Brauer.