facebook

The Best 5 Oto: Driver Training KTT G20 Kemudikan Mobil Listrik Kondisi Darurat, Polwan Satlantas ke Jepang, Uji Davigo

RR Ukirsari Manggalani
The Best 5 Oto: Driver Training KTT G20 Kemudikan Mobil Listrik Kondisi Darurat, Polwan Satlantas ke Jepang, Uji Davigo
Presiden Joko Widodo menggunakan Genesis G80 [Biro Pers Sekretariat PresidenLaily Rachev].

Motor Davigo lolos uji tipe, Polwan Aceh studi banding kepolisian ke Jepang, dan Hyundai gelar driver training KTT G20 dengan materi beragam, pengawalan hingga darurat.

Suara.com - Driver training, KTT G20, Davigo, motor listrik, mobil listrik, Genesis G80, Polwan Aceh, AKP Vifa Fibriana Sari, RFID, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, Hyundai, chip semikoduktor, Jepang, dan studi banding menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com pagi ini.

PT Hyundai Motor Indonesia atau HMID menggelar driver training persiapan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang akan berlangsung di Bali sebentar lagi. Sederet produk elektrifikasi perusahaan Korea Selatan ini dipersiapkan mengantar dan menjemput delegasi peserta.

Mulai keamanan, pengamanan, teknologi, sampai kondisi darurat dari produk Hyundai akan menjadi materi teori dan praktik. Termasuk Genesis G80, mobil listrik andalan yang menggunakan rand atau entitas terpisah dari Hyundai.

Masih berbincang soal kendaraan listrik, Davigo baru saja menjalani tes uji tipe untuk tiga model sepeda motor listrik dan seluruhnya lolos. Produknya bisa dijumpai di salah satu gerainya di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Korlantas Gladi Rekayasa KTT G20 di Bali, Berikut Daftar Lokasi dan Jalur Perlintasan

Kemudian soal prestasi, AKP Vifa Fibriana Sari, Polwan yang menjabat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe menjadi satu-satunya wakil dari Aceh untuk studi banding kepolisian di Jepang.

Masih mengenai lalu lintas, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau kerap disebut pelat nomor Kepolisian Republik Indonesia sudah menerapkan pelat nomor warna dasar putih dengan tulisan hitam. Pada bidangnya nanti akan dilengkapi RFID. Apakah itu?

Dan sebagai pemungkas adalah kondisi krisis chip semikonduktor di sektor industri otomotif yang akan disebut sebagai new normal.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berkarya, dan jangan lupa patuhi selalu protokol kesehatan.

1. Persiapan KTT G20, PT HMID Berikan Training Mobil Listrik Kepada Tim Gabungan Paspampres

Baca Juga: Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo: Korlantas Gladi Rekayasa Lalu Lintas KTT G20 untuk Sektor Walrolakir

Hyundai Training Academy untuk pelatihan komprehensif kepada Tim Paspampres di G20 Summit [PT HMID].
Hyundai Training Academy untuk pelatihan komprehensif kepada Tim Paspampres di G20 Summit [PT HMID].

Dalam rangka Presidensi G20 Indonesia serta G20 Summit yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyelenggarakan sesi pelatihan G20 Driver Training.

Latihan ini didedikasikan bagi para personel yang akan bertugas mengemudikan lini produk mobil listrik Hyundai. Yaitu Tim Paspampres yang diperbantukan. Personel datang dari gabungan Paspampres, Sekretariat Negara dan TNI.

Baca selengkapnya

2. AKP Vifa Fibriana Sari, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe Terpilih Studi Banding ke Jepang

AKP Vifa Fibriana Sari, polwan Polda Aceh mengikuti studi banding kepolisian Jepang [ANTARA/HO/Bidhumas Polda Aceh].
AKP Vifa Fibriana Sari, polwan Polda Aceh mengikuti studi banding kepolisian Jepang [ANTARA/HO/Bidhumas Polda Aceh].

Prestasi keren dicetak AKP Vifa Fibriana Sari, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe. Polisi wanita atau Polwan ini menjadi satu-satunya anggota Polri dari Aceh yang mengikuti studi banding kepolisian di Jepang.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh pada Rabu (21/9/2022) menyatakan soal prestasi Polwan Satlantas ini.

Baca selengkapnya

3. Pelat Kendaraan Bermotor Warna Dasar Putih Akan Dilengkapi Teknologi RFID, Apakah Pengertiannya?

Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor. [Shutterstock]
Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor. [Shutterstock]

Mulai paruh Juni 2022, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan aturan mengenai Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Semula untuk mobil pribadi digunakan cat hitam untuk dasar dan tulisan putih. Kini sebaliknya, dasar cat putih sementara tulisan hitam.

Keputusan tersebut mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor.

Sesuai rencana sebelumnya, penggunaan pelat nomor dengan warna baru ini akan dimulai dari kendaraan baru yang akan didaftarkan. Serta kendaraan yang masa berlaku TNKB-nya habis. Berlaku juga untuk kendaraan yang berganti pemilik dan melakukan perubahan data pada STNK.

Baca selengkapnya

4. Lakukan Uji Tipe, Motor Listrik Davigo Siap Jadi Kendaraan Legal

Kode Perusahaan dan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) untuk motor listrik Davigo [Davigo].
Kode Perusahaan dan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) untuk motor listrik Davigo [Davigo].

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Dirjen Ilmate), Kementrian Perindustrian (Kemenperin) telah mengeluarkan Kode Perusahaan dan Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) untuk motor listrik Davigo.

Chief Marketing Officer PT Davigo Artha Luas, Glora Slucky mengatakan bahwa saat ini Davigo sedang menjalani pengujian tipe sebagai langkah untuk diakui sebagai kendaraan legal di jalan raya.

Baca selengkapnya

5. Kekurangan Pasokan Chip Semikonduktor Dinilai Akan Menjadi Kondisi Normal Baru

Ilustrasi chip semikonduktor [Pixabay/Slava Volgin]
Ilustrasi chip semikonduktor [Pixabay/Slava Volgin]

Volkswagen memperkirakan kekurangan chip semikonduktor akan berlanjut hingga 2023. Raksasa otomotif asal Jerman ini mengungkapkan bila masalah krisis chip semikonduktor yang telah dialami selama dua tahun ini akan menjadi kondisi "normal baru".

Kepala Pengadaan Volkswagen Murat Aksel mencatat bahwa ketegangan geopolitik dengan produsen chip terkemuka telah menciptakan masalah baru bagi industri otomotif.

Baca selengkapnya

Komentar