Akibat Gejala Birahi Jelas, Sapi Bali Disebut Memiliki Fertilitas Terbaik

Akibat Gejala Birahi Jelas, Sapi Bali Disebut Memiliki Fertilitas Terbaik

Beritabali.com, Denpasar. Sapi Bali telah dikenal sebagai bangsa (breed) sapi yang memiliki fertilitas terbaik di dunia. Gejala birahi ditunjukkan dengan jelas dan mudah diketahui sehingga perkawinannyapun lebih tepat bisa dilaksanakan baik secara alam maupun menggunakan teknologi inseminasi buatan (IB) atau yang dikenal pula dengan istilah kawin suntik.

Hal ini terungkap dalam sebuah artikel ilmiah berjudul “Hubungan Antara Dimensi Panjang Induk Dengan Pedet Pada Sapi Bali” yang dipublikasikan dalam Buletin Veteriner Udayana, volume 7 nomor 2 tahun 2015. Artikel tersebut ditulis oleh Ni Nyoman Janipa Saptayanti, I Ketut Suatha, I Putu Sampurna dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Ni Nyoman Janipa Saptayanti dan kawan-kawan menuliskan bahwa sapi Bali mempunyai sifat-sifat subur, cepat beranak (cicih), mudah beradaptasi dengan lingkungannya, dapat hidup di lahan kritis, dan mempunyai daya cerna yang baik terhadap pakan. Selain unggul sapi Bali mempunyai harga yang stabil dan bahkan setiap tahunnya harganya cenderung meningkat

 

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS