alexametrics

Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!

Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini!

home Tips Kesehatan Berita Sehat Tingkatkan Kesehatan Tubuh dan Mental, Konsumsi 5 Makanan Ini! Rabu, 01 Desember 2021 | 08:11 WIB Ilustrasi Makanan Sehat.

KlikBabel.com - Konsumsi makanan sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga otak dan kesehatan mental. Karena, kesehatan pikiran dan tubuh saling berhubungan.

Karena itu, stres bisa mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi Anda. Jika Anda sering merasa moody atau gugup, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat tertentu sehari-hari.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 makanan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

1. Kedelai

Kedelai mengandung asam amino yang sangat penting untuk otot dan tulang tubuh Anda, sehingga bisa membantu mengatasi gangguan tidur dan insomnia. Makan kedelai juga bisa mengurangi risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti Alzheimer.

Makan kedelai juga baik untuk kesehatan tubuh wanita yang sudah menopause. Karena, banyak wanita selama menopause mengalami perubahan suasana hati, kurang konsentrasi, dan kelelahan.

Menopause secara progresif menghentikan produksi estrogen, tetapi kedelai bisa membantu mengatasi masalah ini. Apalagi, kedelai juga mengandung sesuatu yang disebut isoflavone, yakni bahan kimia nabati yang bisa menggantikan estrogen.

Kandungan ini juga bisa ditemukan dalam tahu, susu kedelai, yogurt kedelai dan tepung kedelai. Di sisi lain, kedelai juga bisa membantu meningkatkan kesehatan otak.

2. Salmon

Salmon adalah makanan dengan kandungan omega-3 yang sangat baik untuk otak dan membantu meningkatkan fungsi sel. Sehingga, mengonsumsi salmon bisa menurunkan risiko kesedihan, depresi, masalah memori dan demensia pada orang tua.

Karena tubuh Anda tidak bisa menghasilkan omega-3, mengonsumsi salmon adalah pilihan terbaik. Jenis ikan berlemak ini menyeimbangkan hormon, mengontrol nafsu makan, dan meningkatkan serotonin.

3. Bawang putih mentah

Ada banyak manfaat bawang putih mentah pada kesehatan otak, termasuk peningkatan memori yang penting bagi orang tua. Anda bisa makan bawang putih mentah sendiri atau mencampurkannya ke dalam salad, tergantung selera Anda. Karena, bawang mengandung alicin yang merupakan senyawa untuk membantu mencegah penuaan, penyakit dan meningkatkan kadar serotonin.

4. Cokelat pahit

Cokelat pahit sedikit berbeda dari cokelat manis biasa. Perbedaannya, cokelat pahit mengandung kakao yang sangat tinggi, yakni 50-90 persen. Saat Anda mengonsumsi cokelat ini, camilan ini bisa membantu melepaskan endorphin, yang merupakan zat kimia untuk membantu mengelola stres dan meningkatkan perasaan bahagia.

Kakao juga meningkatkan aliran darah ke otak Anda, yang bisa memperbaiki fungsi mental dengan membantu fungsi otak lebih seimbang.

5. Kenari

Banyak kacang-kacangan, seperti biji rami, biji labu, dan biji chia yang bagus untuk kesehatan otak. Tapi, kenari adalah sumber protein dan lemak sehat yang membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mengatur arteri yang lebih bersih.

Kenari memiliki omega-3 yang baik untuk meningkatkan suasana hati sekaligus mengurangi kecemasan dan depresi. Konsumsi kenari setiap hari bisa membuat tubuh lebih berenergi dan fokus.

loading...
Penulis  : -
Editor    : septiani
Sumber : Suara.com

bagikan
halaman ini       Berita Terkait Makanan Para Nabi yang Ternyata Bikin Tubuh Lebih Sehat Tak Perlu Dihindari, Makanan Laut Justru Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh 6 Makanan Diet yang Patut Dicoba, Rendah Kalori dan Kaya Manfaat Sedang Diet? Hati-Hati saat akan Mengonsumsi 3 'Makanan Sehat' Berikut Ini! Cara Sehat Makan Buah, Justru Jangan Dijus! Topik #makanan sehat PCOS Picu Masalah Kesuburan Perempuan, 4 Tips Berikut Tingkatkan Potensi Hamil Konsumsi Makanan Tertentu Ternyata Tentukan Tingkat Keparahan Covid-19 Sedang Proses Pemulihan, 5 Asupan Berikut Perlu Rutin Dikonsumsi Puasa Jadi Lebih Berenergi, Berikut 5 Rekomendasi Makanan untuk Sahur Perlu Diingat, Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Usai Berolahraga! Komentar Berita Terbaru 17 Hours Pemerintah Siapkan Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Kurang Mampu, Ini Kata Legislator Golkar Efredi Effendi 17 Hours Harianto Anggota DPRD Babel Sebarluaskan Perda Ketenagakerjaan Di Desa Terak 17 Hours Informasi Publik, Politisi PPP Amri Cahyadi Bilang Hak IRT Untuk Tahu 17 Hours Bantuan Hukum Untuk Masyarakat, Legislator Demokrat Nico Plamonia Bilang Begini Caranya 18 Hours Ranto Sendhu Ajak Millenial Jaga Kelestarian Lingkungan 18 Hours Pokir DPRD Tidak Terakomodir Di RKPD, Ini Kata Ketua DPRD Herman Suhadi 18 Hours Ketua DPRD Pimpin Paripurna, Ini Propemperda 2022 18 Hours Gubernur Anjurkan Pekerja Informal Ikut Program BPJS Ketenagakerjaan 18 Hours Dua Ribu Bibit Pohon Untuk Hijaukan Kawasan Danau Pading 18 Hours Gelaran HKSN di Danau Pading Berikan Manfaat untuk Masyarakat

Terkini