alexametrics

Apa Itu Deposito? Ini Penjelasan, Syarat, dan Simulasi Perhitungannya

Apa Itu Deposito? Ini Penjelasan, Syarat, dan Simulasi Perhitungannya

Apa itu deposito? Deposito adalah produk simpanan berjangka dari bank dengan bunga lebih tinggi dari bunga tabungan dan tenor mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

Berbeda dengan tabungan yang bisa diambil kapan saja, simpanan uang dalam bentuk deposito hanya dapat dicairkan ketika sudah jatuh tempo atau tenor berakhir.

Simpanan berjangka ini terbagi menjadi beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah. Agar lebih jelas, Lifepal telah merangkum semua hal yang perlu diketahui mengenai simpanan ini, mulai dari jenis, syarat, hingga simulasi perhitungannya.

Jenis-jenis DepositoKeuntungan depositoSuku bunga deposito bank-bank di IndonesiaPajak depositoSimulasi cara menghitung bunga depositoSyarat, cara buka, dan minimal deposito BRI, BCA, BNI, dan MandiriTanya jawab seputar deposito Jenis-jenis Deposito

Jika tertarik untuk berinvestasi pada simpanan berjangka ini, kamu wajib mengetahui jenis-jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan.

Supaya tidak salah langkah dan bisa menikmati keuntungan maksimal dari berinvestasi di simpanan berjangka ini, kenali dulu jenis-jenisnya berikut ini.

1. Deposito berjangka

Deposito berjangka adalah jenis yang paling umum dan paling sering digunakan. Jenis ini juga yang paling sesuai dengan pengertian yang telah dijelaskan di awal.

Simpanan berjangka ini memiliki jangka waktu 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan. Jika waktu jatuh tempo telah tiba, nasabah akan diberi pilihan, apakah mau menariknya atau memperpanjang tenor.

Simpanan berjangka ini dikeluarkan atas nama perorangan atau lembaga. Bunganya akan dibayarkan setiap bulan sesuai tanggal jatuh temponya.

2. Deposito valas

Beberapa bank, baik milik pemerintah maupun swasta, menyediakan deposito valas (valuta asing) yang bisa diterbitkan dalam dolar Amerika atau mata uang lain, seperti Dolar Singapura, Euro, Dolar Australia, Pound Sterling, Yen Jepang, Dolar Hong Kong, dan lainnya yang terdaftar dalam Bursa Valuta Asing (BVA) Jakarta.

US Dollar Setoran pokok minimal: US$10.000 dan jumlah selanjutnya kelipatan US$1.000 Tenor penyimpanan: 1, 3, 6, atau 12 bulan Khusus setoran pokok di atas US$100.000 dapat memilih tenor yang lebih singkat: 7 – 30 hari. Mata uang lain Setoran pokok minimal: US$100.000 dan jumlah selanjutnya kelipatan US$10.000  Tenor penyimpanan: 1, 3, 6, atau 12 bulan Khusus setoran pokok di atas equivalent US$100.000 dapat memilih tenor yang lebih singkat: 7 – 30 hari saja

Baik deposito valas US Dollar maupun mata uang lainnya, keduanya sama-sama menawarkan suku bunga yang menarik dan fleksibel sesuai perkembangan pasar.

... KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Terkini