alexametrics

Apa itu Tapera? Berikut Syarat dan Cara Mendapatkannya

Apa itu Tapera? Berikut Syarat dan Cara Mendapatkannya

Saat ini memiliki rumah tinggal yang layak dan murah menjadi tantangan semua orang, khususnya generasi millenial. Karena itu, pemerintah meluncurkan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah layak huni dengan harga terjangkau. 

Program ini sangat penting mengingat harga rumah setiap tahunnya selalu meningkat. Melalui Tapera, masyarakat dari berbagai golongan sudah bisa memiliki rumah impian yang layak dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan melakukan iuran bersama.

Jangan sampai dana tabungan dan investasimu terkuras untuk membayar biaya perbaikan rumah yang terlalu mahal. Manfaatkan asuransi rumah untuk menanggung kerugian dan bahkan memberi penggantian atas barang berharga yang rusak akibat terkena imbas kebakaran.

Iuran Tapera tersebut akan disimpan oleh Badan Pengelola Tapera (BP Tapera) dan digunakan untuk melakukan pembelian perumahan, perbaikan, hingga pembangunan rumah.

Pengertian TaperaFungsi dan manfaat TaperaManfaat Tapera bagi pemberi kerja dan pesertaSyarat menjadi peserta Tapera  Syarat memanfaatkan Tapera Besaran iuran Tapera Kapan kepesertaan berakhir dan dana bisa dicairkanPertanyaan seputar Tapera Pengertian Tapera

Tabungan Perumahan Rakyat merupakan program pemerintah untuk menanggapi masalah sulitnya memiliki rumah pada masa sekarang ini. 

Berdasarkan data yang dikutip dari Lokadata, rumah tipe kecil rata-rata mengalami kenaikan (year on year)  sebesar 3,4 persen selama lima tahun terakhir. Sementara tipe menengah naik 1,9 persen dan tipe besar naik 1,2 persen. 

Hal itu membuat harga rumah sulit dijangkau oleh masyarakat yang berpendapatan kecil dan menengah. 

Program Tapera dirancang oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kepemilikan rumah tinggal yang layak dan murah. Terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin membeli rumah. 

Nantinya, dana dari peserta akan disimpan secara periodik dalam jangka waktu tertentu. Dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk pembiayaan perumahan. 

Dana yang disetorkan peserta akan dikelola oleh BP Tapera. Kemudian, peserta akan mendapat dana bantuan guna membeli dan membangun sebuah rumah oleh Fasilitas Pembiayaan Rumah (FLPP) atau subsidi KPR.

Fungsi dan manfaat Tapera

Manfaat dari dana Tapera yaitu untuk pembiayaan perumahan bagi pesertanya. Pembiayaan meliputi kepemilikan rumah, pembangunan rumah, atau perbaikan rumah. Berikut fungsi dan manfaat dari Tabungan Perumahan Rakyat untuk pesertanya

... KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Terkini