alexametrics

Kabupaten Banggai Raih Penghargaan Inovasi Cegah Stunting 2021 dari BKKBN

Kabupaten Banggai Raih Penghargaan Inovasi Cegah Stunting 2021 dari BKKBN

Kabupaten Banggai terpilih sebagai penerima penghargaan inovasi cegah stunting 2021 yang diberikan secara simbolis oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional  (BKKBN) melalui virtual zoom meeting Kick Off, Kamis (25/11/21) siang di kantor Bupati.

Ikut dalam penerimaan penghargaan secara simbolis, Kepala Dinkes Banggai, Kepala BKKBN Banggai, Kepala DP2KBP3A, Perwakilan Pertamina, Sekcam Balantak, Kabag Humas, Asosiasi Kesehatan, bersama motivator pendamping.

Kabupaten Banggai meraih juara kategori kolaborasi lintas sektor yakni SEHATI, yang langsung diterima oleh Sofiana Nur Khasanah sebagai pemenangnya.

Di susul dengan Kota Palu dalam kategori penggunaan tekhnologi informasi yakni Mom’s Care yang diterima langsung oleh Rosmiana Nur.

Kabupaten Banggai telah mencapai penerima manfaat 5.445 orang di tahun 2021.

Kabupaten Banggai mendukung pemenuhan gizi, peningkatan sarana penunjang Posyandu dalam inovasi SEHATI yakni jemput bola, sebagai siasat dalam situasi pandemic Covid 19 dan tim cegah stunting mendatangi rumah bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Program ini menang dalam mencapai target berat badan bayi yang masuk di bawah garis kuning.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka setelah menerima penghargaan Pembangunan Daerah langsung bergabung di zoom meeting untuk memberi kesaksian dan komitmen dalam mencegah stunting di hadapan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Direktur Institut Habibie ,dan Ketua Umum PP ADINKES M Subuh, seluruh Gubernur, dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia.

“Saya bersama masyarakat mengucapkan terima kasih atas penghargaan inovasi SEHATI anak dan ibu tercinta yang mana tadi dinyatakan sebagai juara untuk kategori kolaborasi lintas sektor,” kata Bupati.

Bupati mengaku telah bekerja sama lintas sektor dengan perusahaan yang ikut terlibat sepenuhnya mendukung pencegahan stunting.

“Kami juga mengikutkan enam motivator yang sedang menyaksikan bersama di ruang rapat khusus meskipun hanya satu yang menang dalam inovasi tersebut.”

Bupati akan berinisiatif memberi hadiah berupa uang kepada kategori yang tidak sempat menang. Ini adalah kontribusi dan upaya mereka dalam mencegah dan menurunkan stunting.

Ketua Umum PP ADINKES M Subuh mengapresiasi kepala daerah atau pemerintah yang berhasil menurunkan atau mencegah stunting.

“Semoga inovasi di tahun ini dapat dikembangkan dan diperluas untuk jadi contoh kepada daerah lain dan menjadi suatu pedoman kedepan,” katanya. *

Terkini