alexametrics

Jelang Milad GAM, Kapolres Imbau Warga Tidak Terprovokasi

Jelang Milad GAM, Kapolres Imbau Warga Tidak Terprovokasi

Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal mengimbau masyarakat agar tidak terprovoksi jika ada ajakan yang bersifat menganggu keamanan dan ketertiban menjelang perayaan milad GAM, 4 Desember 2021.

Polres Aceh Utara menyiapkan 300 personel dibantu TNI, Satpol PP/WH dan Dishub untuk melakukan pengamanan. Pihaknya akan melakukan pengamanan secara preventif di tempat-tempat kegiatan masyarakat, baik di tempat ziarah maupun kenduri milad,

“Kami mengimbau masyarakat dan sekaligus ikut bakti sosial bersih-bersih di tempat yang dimungkinkan nanti digunakan tempat sebagai acara peringatan doa bersama perayaan milad. Juga kita melakukan pembagian masker serta ajakan vaksinasi,” kata Riza Faisal usai apel pasukan, Kamis, 2 Desember 2021.

Riza Faisal menambahkan, untuk lokasi pihaknya masih melakukan pemetaan. Namun, berdasarkan pengamanan yang sudah dilakukan biasanya ke tempat makam syuhada yang sering ada kegiatan ziarah, atau di tempat ibadah untuk digelar doa bersama. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak panitia dalam rangka untuk pencegahan penyebaran Covid-19, itu jika memang ada berupa kegiatan tersebut maka tetap menjaga protokol kesehatan.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi bila ada ajakan-ajakan yang sifatnya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. Jadi, kami juga mengajak warga mari secara bersama-sama tetap jaga situasi Kamtibmas yang kondusif,” tegasnya.

Di samping itu, lanjut Riza, pada Jumat malam, 3 Desember 2021 pihaknya tetap melakukan patroli ke tempat-tempat tertentu untuk mencegah kerawanan dan jangan sampai nanti ada pihak-pihak memanfaatkan situasi ini untuk mengganggu perdamaian Aceh.

“Tentunya kita tetap mengedepankan upaya persuasif untuk mengimbau, supaya bendera (Bendera Bulan Bintang) tidak dinaikkan atau mungkin bendera diturunkan oleh warga yang ada di sekitar situ. Jadi, kegiatan ini berupa persuasif, humanis, dan kita harapkan jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan untuk membuat perdamaian Aceh yang sudah terjaga selama ini bisa diganggu kembali,” pungkasnya.[]

Terkini