facebook

5 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Naik Turunnya Crypto Price

5 Faktor Utama Yang Mempengaruhi Naik Turunnya Crypto Price

Tren melakukan investasi menggunakan uang kripto kian diminati. Pastinya hal tersebut tidak bisa lepas dari berbagai faktor yang bisa membuat para investor tertarik melakukan investasi di mata uang digital tersebut. Termasuk ketika hot crypto price yang semakin melambung tinggi pada setiap tahunnya dan semakin mudah melakukan pembelian. 

Jika tertarik melakukan investasi kripto, maka harus mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab naik turun harga crypto tersebut, supaya nantinya Anda tidak akan kaget ketika mengalami kenaikan maupun penurunan yang tajam. 

1. Ketersediaan dan Permintaan yang Tidak Sebanding

Meningkatkannya jumlah permintaan untuk beberapa tahun terakhir juga bisa mengakibatkan kenaikan terhadap crypto price Euro. Setara dengan berbagai barang yang lain, aset dari kripto pada umumnya juga akan dipengaruhi dari permintaan dan jumlah ketersediaan yang ada di pasar. 

Semakin tinggi permintaan maka harganya sendiri juga akan semakin mengalami kenaikan dan itu berlaku sebaliknya. Ketika banyak yang melakukan penjualan terhadap bitcoin dan pembelinya hampir tidak ada, maka nilai yang dimilikinya akan jatuh. 

2. Pengadopsian di Dunia Nyata

Walaupun di Indonesia kripto bukan merupakan alat pembayaran yang sah, tetapi sudah banyak negara yang mengesahkannya untuk dipakai melakukan pembayaran. Adopsi terhadap mata uang digital ketika dilakukan secara masif dan legal pada negara besar, maka akan membuat nilainya mengalami kenaikan. 

Hal tersebut disebabkan karena memang aset kripto ini terbatas dan adanya adopsi pada kehidupan nyata dari segi permintaan akan mengalami peningkatan dan pastinya akan mempengaruhi harga kripto sekarang. 

3. Biaya untuk Melakukan Produksi Miner

Biaya yang diperlukan untuk miner kripto merupakan salah satu faktor yang menentukan dari harga uang tersebut. Misalnya bitcoin yang memiliki harga produksi yang sangat tinggi karena harus mempunyai sebuah perangkat keras khusus yang harus dirakit menggunakan hardware yang mahal dan terbaik dan lain sebagainya. 

4. Regulasi 

Walaupun mata uang crypto tidak bisa dilakukan intervensi oleh pemerintah atau sistem terdesentralisasi, tetapi ketika uang crypto masuk ke dalam arus yang utama pada sistem keuangan sebuah negara, maka negara tersebut sudah bisa melakukan intervensi yang pastinya dapat mempengaruhi crypto price Euro. Sebagai contoh Inggris melarang Binance yang menjadi perusahaan perdagangan kripto yang terbesar di dunia untuk beroperasi di dalam negaranya, wacana mengenai pengenaan pajak kripto di Indonesia dll. Intervensi yang seperti itu bisa memberikan pengaruh terhadap harga crypto secara global. 

5. Pemberitaan Berkaitan dengan Uang Crypto

Pemberitaan yang berkaitan dengan uang crypto yang ada di seluruh dunia juga bisa mempengaruhi harga uang digital tersebut. Misalnya ketika ada berita tentang hacker di server crypto yang bisa membuat harganya mengalami penurunan. Bisa juga pemberitaan di sebuah negara yang mengakui secara resmi crypto merupakan alat pembayaran, maka harganya bisa mengalami kenaikan. (*)

Editor: Yusuf

Terkini