alexametrics

Parah! Masjid Agung Al-Falah dan Masjid Al-Wasilah Mempawah Dibobol Maling

Parah! Masjid Agung Al-Falah dan Masjid Al-Wasilah Mempawah Dibobol Maling

Mempawah (Suara Kalbar) – Luar biasa parah! Masih dalam suasana maulid, dua masjid di Mempawah justru menjadi sasaran tindak pencurian yang diduga terjadi pada Rabu (20/10/2021) dinihari.

Yakni, Masjid Agung Al-Falah di Jalan Raden Kusno Mempawah, dan Masjid Besar Al-Wasilah di Daeng Menambon Mempawah.

Belum diketahui jumlah kerugian, namun diyakini pelaku pencurian di kedua masjid besar ini merupakan orang yang sama.

Syahbandi, Pengurus Masjid Al-Wasilah Mempawah, saat dihubungi SUARAKALBAR.CO.ID, membenarkan kejadian tersebut.

Ia mengatakan, tindak pencurian itu baru diketahui saat seorang muadzin bernama Iswandi datang ke masjid hendak melakukan persiapan untuk salat subuh.

“Saat Iswandi datang, pintu samping sudah terbengkas. Pelaku pencurian ini diduga membobol empat buah kontak infak menggunakan alat khusus, yakni pemotong besi untuk memutus kunci gembok,” katanya siang ini.

Diduga setelah beraksi, maling kemudian masuk ke ruang operator CCTV.

Selanjutnya, maling membawa kabur monitor dan receiver CCTV untuk menghilangkan jejak aksi kejahatannya.

Syahbandi mengakui, di Masjid Al-Wasilah memang tidak memiliki penjaga malam.

Hingga berita ini diturunkan, ia belum bisa merinci jumlah kerugian.

“Semoga pelakunya diberikan hidayah oleh Allah Taala!” imbuh Syahbandi.

Sedangkan di Masjid Agung Al-Falah, masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Mempawah, pelaku pencurian juga membobol pintu dengan alat khusus.

“Diduga setelah membobol Masjid Al-Wasilah, pelaku pencurian langsung mengarah ke Masjid Agung Al-Falah ini,” ujar Harits Suwendono, Ketua Remaja Masjid Agung Al-Falah.

Dijelaskan, pada tadi malam, usai menggelar tabligh akbar, pihaknya setelah berkemas, langsung pulang sekitar pukul 22.30 WIB.

“Sedangkan peristiwa pencurian itu diperkirakan sekitar pukul 01.00 WIB dinihari. Sebab saat penjaga malam masjid datang, pintu sudah terbuka,” ujarnya.

Sang penjaga malam mengira, para remaja masjid lupa menutup pintu usai menggelar tabligh akbar.

“Setelah diperiksa, ternyata kunci pintu dibengkas dengan benda tajam,” ujarnya.

Dalam aksi itu, maling membawa kabur CPU atau harddisk CCTV, monitor dan uang di kotak amal Masjid Agung Al-Falah.

“Kotak amal di lantai atas masjid itu juga dicongkel dengan benda tajam. Kita belum tahu total kerugian, tapi sudah kami laporkan ke pihak kepolisian,” ujar Harits Suwendono.

Ia menduga, aksi pencurian itu juga didasari pemikiran pencuri, bahwa banyak infak yang terkumpul usai digelarnya tabligh akbar.

“Dan syukur Alhamdulillah, hasil infak para jemaah saat tabligh akbar itu telah kami kumpulkan usai kegiatan dan kini tetap aman,” ucapnya.

Saat SUARAKALBAR.CO.ID datang ke Masjid Agung Al-Falah untuk mengecek, sejumlah anggota Tim Jatanras Polres Mempawah tengah menggelar olah TKP. Kalbar Kalimantan Barat Masjid Agung Al-Falah Mempawah Masjid Besar Al-Wasilah Mempawah Mempawah Pencurian di Masjid Penulis: DistraEditor: Dian Sastra

Terkini