facebook

8 Tim Lolos ke Perempat Final Piala Afrika

8 Tim Lolos ke Perempat Final Piala Afrika

Mesir dan Equatorial Guinea menjadi dua tim terakhir yang lolos ke babak perempat final Piala Afrika. Kedua tim mengikuti jejak enam tim lain yang sudah lebih dulu merebut tiket ke babak perempat final Piala Afrika 2021. Keenam tim itu yakni Burkina Faso, Tunisia, Gambia, Kamerun, Senegal, dan Maroko.

Mesir dan Equatorial Guinea memastikan lolos usai mengalahkan lawan masing-masing pada Rabu (26/1) waktu setempat atau Kamis (27/1) dini hari WIB. Mesir melewati adangan Pantai Gading dan Equatorial Guinea secara mengejutkan menyingkirkan Mali.

Bintang Liverpool itu menjadi penendang kelima The Pharaohs. Tendangan Salah ke sudut kiri gawang salah dibaca kiper Pantai Gading, Badra Ali Sangare.

Salah memastikan langkah Mesir setelah bek Pantai Gading, Eric Bailly jadi satu-satunya penendang penalti yang gagal di laga ini.

Sementara itu kemenangan melalui adu penalti juga didapat oleh Equatorial Guinea atas Mali di Stadion Limbe. Jesus Owono dan kawan-kawan di luar dugaan mengalahkan Mali yang lebih difavoritkan untuk lolos ke fase selanjutnya.

Equatorial Guinea berhasil memaksakan penentuan pemenang lewat drama dari titik 12 pas usai laga imbang 0-0 selama 120 menit. Dalam adu penalti, anak asuh Juan Micha keluar sebagai pemenang dengan skor 6-5.

Daftar 8 Tim Lolos ke Perempat Final Piala Afrika 2021
1. Burkina Faso
2. Tunisia
3. Gambia
4. Kamerun
5. Senegal
6. Maroko
7. Mesir
8. Equatorial Guinea (adm3/cnni)

Terkini