alexametrics

Urgensi Paradiplomasi dalam Pembangunan Perekonomian Daerah dan Nasional

Urgensi Paradiplomasi dalam Pembangunan Perekonomian Daerah dan Nasional

TIMESINDONESIA – Melihat judul saja, mungkin sudah menjadi pertanyaan beberapa orang, apa sih yang dimaksud dengan paradiplomasi? Paradiplomasi memiliki 2 dasar kata yakni, parallel dan diplomasi. Secara mudah paradiplomasi ini bisa dipahami dengan pemerintah daerah melakukan hubungan luar negeri dengan pemerintah daerah lain yang bertujuan untuk mengembangkan, membangun ataupun membentuk potensi baru disuatu daerah.

Jika biasanya pemerintahan pusat yang melakukan hubungan luar negeri dengan negara lain dalam rangka meningkatkan kerjasama atau meningkatkan mutu negara dibidang tertentu, pemerintah daerah hari ini juga dapat melakukan hubungan luar negeri dengan pemerintah daerah dari negara lain.

Pemerintah daerah hari ini memiliki peran besar layaknya pemerintah pusat, karena keberhasilan politik luar negeri secara keseluruhan dipengaruhi oleh kondisi dalam negeri. Selain itu munculnya paradiplomasi ini juga didorong dengan adanya perubahan bentuk pemerintah Indonesia dari sentralisasi menjadi desentralisasi yang membuat pemerintah daerah menjadi daerah otonom yang berhak mengurus diri sendiri.

Terkini