Jadi Peserta JKN, Ibu Asal Jember Jalani Persalinan Caesar Tanpa Biaya

Jadi Peserta JKN, Ibu Asal Jember Jalani Persalinan Caesar Tanpa Biaya

TIMESINDONESIA – Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memang sangat disyukuri bagi Ratna Dewi (34). Apalagi di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, dengan penghasilan yang tidak menentu membuat dirinya dan suami merasa sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Ditemui di Rumah Sakit Umum Kaliwates saat menjalani perawatan setelah persalinan caesar anak ketiga, Ratna menyebut menjadi peserta JKN sangat membantu dirinya untuk melalui proses persalinan anak ketiganya itu. Menurutnya, dengan dijaminnya seluruh biaya pelayanan kesehatan sangat meringankan beban dirinya.

“Awalnya kontrol kehamilan di Klinik Suherman lalu karena tekanan darah tinggi dokter merujuk untuk rawat inap, dan diopname kurang lebih 3 (tiga) hari di RSU Kaliwates. Persalinan anak ketiga saya termasuk kelahiran yang berisiko maka diambil tindakan untuk caesar karena usia kehamilan juga sudah cukup. Kebetulan lahir anak pertama dan kedua juga melalui proses persalinan caesar beda 4 (empat) tahun dan keduanya terdaftar jaminan kesehatan dari Program JKN,” ujar Ratna.

Terkini