7 Tanda Mentalmu Sudah Sekuat Baja, Nggak Gampang Melempem Kayak Tempe

7 Tanda Mentalmu Sudah Sekuat Baja, Nggak Gampang Melempem Kayak Tempe

Hidup memang penuh ujian dan rintangan. Bagaimanapun itu, kamu harus selalu mencoba untuk kuat dan menghadapi segalanya. Ujian kehidupan ini juga bukan tanpa tujuan. Kalau cermat dan sabar melalui segalanya, maka mental kitapun akan teruji dan lebih kuat dari yang sebelumnya.

Jika mental jauh lebih kuat, kehidupanmu akan jadi jauh lebih baik juga karena kita tidak lagi selalu putus asa dan mengeluh melainkan bertarung melewati semua itu. Lantas, hal apa yang menandakan bahwa sebenarnya mental kita sudah jauh lebih kuat dari yang sebelumnya?

Selain tentunya lebih tegar dan lebih tenang dalam menghadapi masalah, masih ada beberapa tanda umum yang menandakan bahwa mentalmu memang bukan mental tempe lagi. Yakinlah bahwa dirimu tangguh!

1. Berani menghadapi masalah besar di hadapanmu

Siapa sih yang nggak merasa jiper saat masalah datang bertubi-tubi? Rasa cemas, takut hingga putus asa terkadang menghantui. Perasaan takut gagal melalui ujian tentunya ada. Namun hal ini nggak berlaku untuk kamu yang yang sudah pernah melalui masa-masa terberat di dalam hidup kamu.

Dulu, pasti kamu pernah merasa rendah dengan segala masalah yang menimpamu. Setelah semuanya usai, tanpa kamu sadari kamu adalah salah satu orang yang berhasil lulus dari ujian hidup. Nggak heran kalau mentalmu kini pastinya jauh lebih kuat dari yang sebelumnya.

2. Mampu memaafkan kesalahan terbesar yang kamu perbuat

Memaafkan kesalahan diri sendiri memang nggak mudah. Kita seringkali teringat apa yang pernah diperbuat, apalagi jika kesalahan itu fatal. Namun ketika berhasil memaafkan dirimu atas kesalahan yang pernah kamu buat, tandanya kamu berhasil melalui hal sulit yang membuatmu berada satu level di atas orang biasa.

Mentalmu jauh lebih kuat dari yang sebelumnya. Memaafkan kesalahan orang lain mungkin saja jauh lebih mudah daripada memaafkan kesalahan diri sendiri. Kesalahan diri sendiri akan selalu membayangi hidupmu. Berbeda dengan orang lain yang berbuat kesalahan dan kita hanya perlu memaafkan dan mengikhlaskan.

3. Menghindari orang yang nggak baik untukmu

Kamu mulai menghindari orang yang dirasa memang nggak baik untukmu. Kamu merasa bahwa dirimu jauh lebih berharga dari yang lalu. Kamu sudah nggak takut kalau harus kehilangan banyak teman karena nggak mau bergaul dengan orang yang salah.

Kamu juga nggak peduli apa kata mereka yang kamu jauhi. Kamu menyudahi untuk menggadaikan kehidupanmu hanya untuk mendengarkan perkataan orang lain. Kamu melakukan apapun yang diyakini baik untuk dirimu.

4. Giat memperbaiki diri setiap hari

Kamu akan berusaha untuk selalu memperbaiki diri setiap hari. Nggak terlalu memikirkan apa kata orang lain, selama ini baik untuk maka kamu akan melakukannya.

Kamu siap untuk keluar dari apapun yang bersifat nyaman untuk dirimu demi menjadi sosok yang lebih baik lagi. Mentalmu akan jauh lebih kuat dengan bersikap seperti ini. Kamu akan merasa jauh lebih berharga dengan menghargai dirimu sendiri.

5. Mampu jujur dengan teman meskipun menyakitkan

Berkata jujur meskipun menyakitkan itu butuh keyakinan dan keberanian. Jangan salah! Buat orang biasa yang nggak percaya diri untuk berkata jujur, pastinya berat. Tapi untuk yang mentalnya kuat, menyampaikan kejujuran itu adalah sebuah kepuasan.

Walaupun kejujuran itu mungkin akan malah merugikan bahkan membuatmu dicap jelek, bagimu menyampaikan kejujuran itu adalah sebuah keharusan. Kamu pun nggak merasa gentar atau takut untuk menyampaikan fakta itu.

6. Tetap bersikap sopan dengan orang yang nggak disukai

Banyak hal yang bisa membuat seseorang nggak suka, bahkan benci dengan orang lain yang menurutnya kurang baik untuk dirinya. Namun hal ini gak berlaku untuk mereka yang memiliki mental yang kuat.

Bukan berarti kita gak pernah merasa kesal atau gondok, setidaknya kita tetap bersikap baik dan sopan meskipun kita tidak menyukai orang tersebut. Bukan berarti bermuka dua, kita nggak berusaha untuk ngomongin orang yang nggak sukai di belakang mereka. Melainkan menyimpan semua kekesalan itu sendiri atau bercerita hanya kepada orang yang paling kita percaya.

7. Nggak takut untuk dikecewakan, patah hati dan terluka lagi

Pernah merasa takut banget untuk membina hubungan yang baru setelah putus? Mungkin kamu masih ngerasa trauma atau merasa belum percaya lagi sama orang lain. Ketika berhasil melalui masa sulit itu, kamu baru akan menyadari bahwa jiwamu saat ini jauh lebih kuat.

Kamu sudah nggak ngerasa tersakiti saat seseorang mengecewakan kamu. Nggak selalu harus memaafkan sekejap mata, tapi setidaknya kamu lebih matang dalam menyikapi setiap persoalan.

Melewati ujian kehidupan memang tidak mudah, ada berbagai rintangan yang harus dihadapi. Kamu harus percaya bahwa kelak jiwa yang terbentuk akan jauh lebih kuat untuk melewati masalah yang dulu ditakutkan setengah mati. Ada kalanya kelak kamu akan memandang masalah tersebut seperti butiran debu.

Terkini

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS