Jenis Makanan yang Cocok untuk Diet

Poptren

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 10:05 WIB
Jenis Makanan yang Cocok untuk Diet
Ilustrasi umbi kentang ((Pixabay/Couleur))

Poptren.suara.com - Ada beberapa jenis makanan yang meski dikonsumsi sedikit, bisa membuat kenyang juga bisa dikonsumsi saat diet. Melansir laman Medical News Today, berikut beberapa makanan yang membuat seseorang mudah kenyang saat dikonsumsi, yaitu :

1. Kentang Rebus
Kentang rebus dapat menjadi makanan yang membuat seseorang cepat kenyang. Kentang rebus sendiri kaya akan pati, vitamin C, dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition & Metabolism, peserta yang memakan kentang cenderung lebih mudah kenyang dan tidak nafsu makan dibandingkan lauk lainnya.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, dan lentil menjadi makanan yang mudah dicerna serta kandungan protein dan serat yang tinggi.

Dalam sebuah jurnal Advanced in Nutrition pada 2010, dikatakan mengonsumsi kacang-kacangan akan mengatur asupan kalori dan membuat seseorang mudah kenyang.

Selain itu, dalam tinjauan sistematis 2014, dalam jurnal Obesity, ditemukan bukti kacang-kacangan akan membuat seseorang mudah kenyang pada makanan berikutnya.

3. Makanan Berserat Tinggi
Makanan dengan serat tinggi seperti, gandum, kacang-kacangan, wortel, bit, pisang, jeruk dapat memberikan rasa kenyang pada seseorang, seperti yang tertulis dalam studi pada 2014. Makanan berserat juga membantu mengontrol gula darah dan kolesterol.

4. Produk Susu Rendah Lemak
Dalam studi di jurnal Appetite, yogur Yunani berpotein tinggi dapat mengurangi rasa lapar pada seseorang dan membuatnya cepat kenyang. Produk susu rendah lemak juga membantu mengurangi seseorang untuk mengonsunsi makanan dalam jangan pendek.

5. Telur
Telur mengandung protein, vitamin, dan mineral yang berdampak baik bagi tubuh. Mengonsumsi telur juga akan membantu mengurangi rasa lapar pada seseorang.

baca juga

Sebuah studi dari 2011 di International Journal of Food Sciences and Nutrition juga menunjukkan, orang yang memakan telur memiliki tingkat kekenyangan yang lebih besar dibandingan makanan lain.

6. Daging dan Ikan Tanpa Lemak
Daging ataupun ikan yang rendah lemak, dapat mengontrol nafsu makan seseorang. Makanan ini juga mendorong penurunan berat badan pada seseorang.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Suara.com

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Mari Rutin Minum Air Putih setelah Bangun Tidur, Biar Dapat 6 Manfaat Sehatnya Ini

Mari Rutin Minum Air Putih setelah Bangun Tidur, Biar Dapat 6 Manfaat Sehatnya Ini

Mamagini | Kamis, 25 Agustus 2022 | 23:53 WIB

Sering Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Buat Kamu Tampak Lebih Tua

Sering Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Buat Kamu Tampak Lebih Tua

Batam | Kamis, 25 Agustus 2022 | 18:58 WIB

Terobsesi Ingin Sehat, Mahasiswa Kedokteran Ini Justru Derita Anoreksia Nervosa!

Terobsesi Ingin Sehat, Mahasiswa Kedokteran Ini Justru Derita Anoreksia Nervosa!

Health | Kamis, 25 Agustus 2022 | 16:40 WIB

Pemilihan dan Penggunaan Tas dari Sudut Pandang Kesehatan

Pemilihan dan Penggunaan Tas dari Sudut Pandang Kesehatan

Poptren | Kamis, 25 Agustus 2022 | 15:07 WIB

Terkini

Buka Rekening BRI di Summarecon Bekasi, Nikmati Cashback Spesial BRImo!

Buka Rekening BRI di Summarecon Bekasi, Nikmati Cashback Spesial BRImo!

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:49 WIB

200 Truk Kontainer di Tanjung Priok Diuji Emisi Demi Kejar Udara Bersih Pelabuhan

200 Truk Kontainer di Tanjung Priok Diuji Emisi Demi Kejar Udara Bersih Pelabuhan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:41 WIB

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

Andrie Yunus Alami Kecemasan Berat, KontraS Ungkap Kondisi Terkini

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:35 WIB

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

3 Juta KK Sudah Masuk Perlinsos Digital, Pemerintah Uji Sistem di 43 Daerah

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:33 WIB

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

Jepang-Rusia Memanas! Kunjungan Putin dengan Kapal Perang ke Kuril Bikin Tokyo Murka

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:31 WIB

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

Pergi Jauh, Tanah Air Tetap Jadi Rumah: Kisah Diaspora Memaknai Indonesia

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:25 WIB

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

91% Orang Indonesia Anggap Kesehatan Holistik Penting, Ternyata Bukan Sekadar Bebas Penyakit

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Produksi Melimpah Harga Jatuh, Wakil Ketua DPRD Jateng Soroti Nasib Petani Garam

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 21:00 WIB

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

BTN dan PPATK Renovasi 20 RTLH, Bantu Wujudkan Hunian Layak bagi Keluarga Prasejahtera

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Cerdas! Begini Langkah Kang Edai Mengubah Desa Kemiren Jadi Naik Kelas

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 20:55 WIB

×