Cewek yang Sering Ngopi Bisa Pengaruhi Kesuburan? Ini Kata Dokter Boyke...

Poptren

Rabu, 22 Februari 2023 | 19:51 WIB
Cewek yang Sering Ngopi Bisa Pengaruhi Kesuburan? Ini Kata Dokter Boyke...
Ilustrasi wanita minum kopi (iStock)

Poptren.suara.com - Siapa di antara kita yang gak pernah ngopi? Tentu semuanya pernah atau bahkan sering ngopi bukan?

Kopi adalah minuman yang sangat populer dan dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Seiring dengan popularitasnya, muncul pertanyaan apakah mengonsumsi kopi bisa memengaruhi kesuburan reproduksi? 

Bagaimana dengan pendapat para ahli?

Dalam sebuah perbincangan di channel Youtube Sonora FM beberapa waktu lalu, Dokter Boyke Dian Nugraha memberikan penjelasan terkait konsumsi kopi dan kesuburan.

"Kopi itu 1-2 gelas itu oke lah perhari, di atas itu bukan mengganggu kesuburan saja ya justru kopi itu kan mengakibatkan fase konstruksi karena dia itu kan pertama di fase dilatasi pelebaran pembuluh darah, jadi nggak bisa tidur. Dan kalau orang sudah tidak bisa tidur makannya menjadi banyak, karena ada hormon ghrelin namanya yang kepinginnya makan ngemil-ngemil gemuk, menjadi sulit untuk hamil. Penjelasan patofisiologinya seperti itu. Terlebih dilakukan berlebihan dalam jangka waktu yang lama hingga akhirnya mengalami gangguan kesuburan," demikian jelasnya.

Pakar seksologi ini juga menjelaskan mengonsumsi kopi akan membuat mood saat melakukan hubungan seks menjadi tidak sehat, karena letih dan kurang tidur.

Beberapa penelitian memang telah dilakukan untuk mengetahui apakah kopi bisa memengaruhi kesuburan, namun hasilnya masih terbatas dan belum sepenuhnya jelas.

Tapi Beberapa studi sudah menunjukkan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan dapat memengaruhi kesuburan pada wanita, terutama jika dikonsumsi sebelum hamil atau selama masa kehamilan.

Konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol, hormon stres, yang dapat memengaruhi ovulasi atau siklus menstruasi wanita.

baca juga

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan fakta bahwa konsumsi kopi yang moderat--1 atau 2 gelas per hari--tidak memengaruhi kemampuan wanita untuk hamil.

Studi ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat kesuburan antara wanita yang mengonsumsi kopi dan wanita yang tidak mengonsumsinya.

Tapi perlu diperhatikan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan dapat memengaruhi kesuburan pada orang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) pada wanita, atau diabetes pada pria. Kafein dalam kopi dapat memperburuk kondisi tersebut dan memengaruhi kesuburan.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Tips Cerdas Pilih Mesin Kopi Rumahan

Tips Cerdas Pilih Mesin Kopi Rumahan

Poptren | Senin, 13 Februari 2023 | 15:48 WIB

Mual Setelah Minum Kopi ? Ternyata ini Penyebabnya

Mual Setelah Minum Kopi ? Ternyata ini Penyebabnya

Poptren | Sabtu, 04 Februari 2023 | 09:03 WIB

Minum Kopi Juga Ada Caranya Loh Supaya Kesehatan Terjaga!

Minum Kopi Juga Ada Caranya Loh Supaya Kesehatan Terjaga!

Poptren | Senin, 10 Oktober 2022 | 20:10 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

×