alexametrics

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kemenkes Dapat Bantuan 5 Unit Oksigen Generator

Bimo Aria Fundrika
Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kemenkes Dapat Bantuan 5 Unit Oksigen Generator
ilustrasi tabung oksigen, masker oksigen. (Dok. Envato)

Kelima oksigen generator tersebut rencananya akan diberikan kepada rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan.

Suara.com - Kementerian Kesehatan menerima bantuan 5 unit oksigen generator lengkap dengan aksesoris dan suku cadangnya dari AEON Group Japan.

Kelima oksigen generator tersebut rencananya akan diberikan kepada rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan diantaranya RSUP Persahabatan Jakarta, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUP Kariadi Semarang, RSUP Sardjito Yogyakarta, dan RS Soetomo Surabaya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada AEON Group yang telah memberikan bantuan 5 oksigen generator termasuk suku cadangnya. Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama dalam upaya penanganan kesehatan di Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Meski situasi pandemi Covid-19 menujukkan perbaikan yang signifikan, bantuan ini, kata Kuntha, selanjutnya akan dimanfaatkan untuk cadangan guna mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Lampung Mulai Jangkau Daerah Pelosok

Bantuan Oksigen Generator. (Dok: Istiemwa)
Bantuan Oksigen Generator. (Dok: Istiemwa)

Pihaknya berharap, kolaborasi antara Kemenkes dan AEON Group Indonesia tidak hanya dalam upaya pengendalian COVID-19 tapi harus diperluas. Hal itu termasuk dukungan terhadap 6 pilar transformasi sistem kesehatan 2021-2024 yakni transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transfromasi teknologi kesehatan.

“Kami berharap kolaborasi kita di bidang kesehatan bisa lebih variatif sesuai dengan transformasi kesehatan di Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Takahiro Osugi mengungkapkan bantuan yang diberikan hari ini merupakan komitmen mereka untuk membantu Indonesia bersama 4 negara lainnya di ASEAN dalam upaya pengendalian pandemi COVID-19.

“Donasi kali ini telah kami rencanakan sejak akhir Juni. Donasi ini merupakan bagian dari program donasi AEON Group Japan untuk membantu pemulihan COVID-19 di 5 negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja dengan total 350 juta yen,” katanya.

Takahiro menekankan bahwa pihaknya untuk membantu pemerintah Indonesia memperkuat sistem kesehatan di Tanah Air.

Baca Juga: Muncul Virus Corona Varian R1, Apakah Sudah Masuk Ke Indonesia?

Komentar