alexametrics

Takjub dengan Manfaatnya, Selebgram Ida Agustin Produksi Skincare Berbahan Pegagan

Ferry Noviandi
Takjub dengan Manfaatnya, Selebgram Ida Agustin Produksi Skincare Berbahan Pegagan
Ida Agustin [Instagram]

Pegagan memiliki manfaat untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan luka pada kulit.

Suara.com - Skincare seakan mejadi menu wajib bagi kaum Hawa untuk merawat kulit wajah. Tapi ternyata, bila salah-salah pilih skincare bisa berakibat fatal dan bikin rusak area muka.

Seperti yang dialami selebgram Ida Agustin. Ida yang memiliki kulit sensitif, pernah mengalami kerusakan pada wajahnya akibat asal memilih skincare. Ia pun buru-buru menghentikan pemakaian skincare tersebut.

"Karena kulit aku termasuk yang sensitif, jadi ya aku langsung menghentikan penggunakan skincare yang enggak cocok dengan wajah aku saat itu," kata Ida Agustin kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Ida Agustin [Instagram]
Ida Agustin [Instagram]

Setelah mencari informasi dari sejumlah sahabat dan media sosial, Ida Agustin kemudian tertarik dengan skincare yang berbahan dasar Centella Asiatica alias Pegagan.

Seperti diketahui, Pegagan merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Pohon ini berukuran kecil dengan bentuk daun membulat dan berwarna hijau cerah.

Sejak lama, pegagan dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya, tumbuhan ini dikenal sebagai antiperadagan, melancarkan peredaran darah dan sebagai. Sementara untuk kesehatan kulit, pegagan memiliki manfaat untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan luka pada kulit.

"Iya, setelah aku cari informasinya, Centella Asiatica memiliki sifat antiaging. Karena pegagan memiliki kandungan flavonoid dan madecassoside. Senyawa ini juga mampu mencegah penuaan pada kulit. Selain itu, antioksidan yang dihasilkan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dari sinar UV dan polusi udara," kata Ida Agustin.

Selain itu, kata Ida Agustin, pegagan juga meningkatkan produksi kolagen sebagai protein penting dalam tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Sehingga tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus tidak terjadi terlalu dini dan.

Tanaman Herbal Pegagan. (Pexel)
Tanaman Herbal Pegagan. (Pexel)

"Pegagan juga bisa melembabkan kulit karena kaya asam amino, phytochemicals yang memberikan nutrisi baik untuk lapisan kulit. Asam amino ini berfungsi sebagai bahan pelembab yang baik untuk menenangkan kulit kering dan iritasi," ujar Ida Agustin memaparkan.

Takjub dengan manfaat pegagan atau Centella Asiatica, Ida Agustin kemudian mempunyai ide untuk membuat skincare sendiri dengan bahan utama dari pegagan. Setelah mendapat dukungan dari beberapa partner, Ida kemudian membuat skincare dengan nama Gluta Indo Beauty Care.

"Kandungan Centella Asiatica ini kaya antioksidan yang bisa mencegah iritasi juga mempercepat penyembuhan jerawat dan meregenerasi sel-sel kulit mati. Dan produk ini dirilis Oktober 2021, dan sudah bisa didapati di marketplace salah satunya di Instagram @glutaindo_," tutur Ida Agustin.