facebook

Manfaat Lemon Sebagai Sumber Serat yang Baik untuk Tubuh

Risna Halidi
Manfaat Lemon Sebagai Sumber Serat yang Baik untuk Tubuh
Ilustrasi lemon. (Pexels/Lukas)

Vitamin C dan antioksidan dari sari lemon mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Suara.com - Serat merupakan salah satu asupan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat tubuh kekurangan serat, gejala yang akan ditimbulkan sering kali tidak disadari.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, kebutuhan serat harian orang dewasa adalah sekitar 25 sampai 30 gram. Itu setara dengan lima kepalan tangan atau sekitar dua sampai tiga mangkuk sayur.

Tetapi dalam Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan, 2018 lalu mencatat bagaimana lebih dari 90 persen orang Indonesia mengalami masalah kekurangan serat.

Padahal sumber serat dapat ditemukan dengan mudah seperti dengan monginsumsi buah atau sayur, serta sumber serat lainnya seperti biji-bijian, gandum, kentang hingga seledri.

Jika tubuh kekurangan serat, beberapa risiko yang bisa terjadi di antaranya sembelit dan perut kembung, menurunnya daya tahan tubuh, hingga berisiko mengidap penyakit seperti kolesterol tinggi dan kanker usus besar.

Nutrashake (Dok. Ist)
Nutrashake (Dok. Ist)

Menurut Product Consultant PT. Avail Elok Indonesia (Produsen Nutrashake) - Dr. Bumi Caraka, terdapat lima bahan alami yang memiliki kandungan tinggi serat yang sangat bermanfaat yaitu lemon, inulin, kiwi, aloe vera dan psyllium husk.

"Vitamin C dan antioksidan dari sari lemon mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit," katanya dikutip dari siaran pers, Selasa (5/7/2022).

Selain itu, Bumi juga menambahkan bahwa lemon mengandung pektin, salah satu jenis serat larut yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran cerna, menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, mencegah penyempitan pembuluh darah, serta mengandung flavonoid untuk mencegah kanker.

"Serat dalam lemon juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Menjaga kelembapan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus," tambahnya.

Nutrashake sendiri merupakan suplemen minuman fiber yang digadang-gadang dapat memenuhi serat harian serta meningkatkan kesehatan pencernaan, dan solusi bagi yang sedang menjalankan program diet.

Hubungan antara serat dengan program diet diketahui karena konsumsi serat dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus yang mendukung kesehatan pencernaan.

Selain itu, bentuk serat yang cenderung utuh setelah sampai di usus juga dapat membantu pergerakan usus sehingga memudahkan seseorang saat buang air besar.