facebook

4 Tanda Utama Program Diet yang Anda Jalani Hanya Buang Uang dan Energi

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
4 Tanda Utama Program Diet yang Anda Jalani Hanya Buang Uang dan Energi
Ilustrasi diet. (Shutterstock)

Karena program diet tertentu belum tentu cocok untuk semua orang.

Suara.com - Diet yang baik dapat membantu Anda mencapai berbagai tujuan, seperti membangun otot, meningkatkan kebugaran, atau menurunkan berat badan.

Namun, tidak ada satu program diet yang cocok untuk semua orang. Sebab, setiap orang memiliki metabolisme tubuh masing-masing.

Ahli gizi Angie Asche dari Centr, aplikasi kebugaran dan nutrisi yang dibuat oleh Chris Hemsworth, menjelaskan tanda bahwa program diet Anda hanya membuang-buang energi dan uang:

1. Harus membeli produk khusus

Baca Juga: 5 Faktor yang Paling Memengaruhi Penurunan Berat Badan, Pejuang Diet Wajib Tahu!

Melibatkan investasi mahal dalam membeli peralatan makan yang dianggap membantu atau suplemen tertentu demi menunjang diet merupakan tanda awal program diet Anda hanya membuang-buang uang.

Penelitian menunjukkan sebagian besar suplemen penurun berat badan tidak efektif.

"Anda tidak harus membeli 80 persen atau lebih makanan dari merek atau perusahaan tertentu untuk diet yang baik," kata Asche, dilansir Insider.

Makan sehat harus difokuskan pada berbagai makanan utuh yang bisa didapatkan di pasar, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan sumber protein seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, serta kacang-kacangan.

Ilustrasi Diet (freepik)
Ilustrasi Diet (freepik)

2. Paket makanan "satu ukuran untuk semua orang"

Baca Juga: Pria Ini Ngaku Diet Pakai Nasi Merah Tapi yang Ditunjukkan Nasi Goreng, Warganet Auto Ngajak Gelut

Perangkap umum lainnya dari program diet adalah menggunakan menu yang sama untuk semua orang, terlepas dari tujuan, preferensi, atau keadaan unik individu.

Idealnya, ahli diet atau ahli gizi akan menganalisis rutinitas Anda saat ini dan menawarkan saran tentang cara menyesuaikannya dari waktu ke waktu.

3. Menghindarkan dari kelompok makanan tertentu

Ini pertanda buruk jika program diet mengharuskan Anda membatasi atau menghindari kategori makanan apa pun, termasuk karbohidrat, kalori, atau makanan yang membuat senang.

Anda tidak perlu menghindari apa pun, tetapi harus fokus pada keseimbangan makanan yang Anda nikmati dengan pilihan padat nutrisi.

Melarang makanan kemungkinan membuat Anda lebih menginginkannya dan cenderung tidak mengikuti diet.

4. Aturan ketat tentang diet

Anda tidak perlu mengikuti diet dengan tepat 100 persen. Diet yang baik memungkinkan fleksibilitas sambil menjaga pola makan tetap konsisten dengan kebiasaan sehat.

Misalnya, aplikasi pelacak kalori dapat menjadi alat yang berguna untuk menilai kebiasaan makan Anda, tetapi bisa merugikan bisa dilakukan secara ekstrem.

"Ini bisa bagus atau bisa mengerikan dan obsesif. Anda tidak perlu menggunakannya untuk menghitung setiap stroberi yang dimakan," tandasnya.

Komentar