Yao Ming Siap Bantu Perkembangan Timnas Basket Indonesia

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Yao Ming Siap Bantu Perkembangan Timnas Basket Indonesia
Yao Ming (tengah) berfoto dengan timnas basket wanita Cina setelah penyerahan medali emas Asian Games 2018 di Jakarta. Anthony WALLACE / AFP

Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih timnas Indonesia Fictor Gideon Roring

Suara.com - Pelatih timnas basket Indonesia , Fictor Gideon Roring menyebut Yao Ming dan Asosiasi Bola Basket Cina (CBA) siap membantu perkembangan bola basket Indonesia. Hal itu menyusul kekaguman mantan pemain NBA tersebut pada geliat basket Indonesia di Asian Games 2018 .

Seperti diketahui, pihak PERBASI mendapat kesempatan untuk berbincang dengan Yao Ming di sela-sela perhelatan Asian Games 2018. Pria yang kini menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Cina (CBA) itu dinilai tertarik untuk membantu pengembangan bola basket Indonesia.

"Kita adakan pertemuan dengan Yao Ming saat Asian Games 2018 lalu, dan dia bersedia sekali membantu kita," ujar Fictor Roring.

Fictor menyebut Yao Ming dan CBA siap membantu Indonesia dalam berbagai hal. Asalkan tujuan utamanya tetap untuk meningkatkan kualitas basket Tanah Air.

"Kita membicarakan kemungkinan apa saja yang bisa kita minta bantuan dari Asosiasi Bola Basket Cina (CBA), seperti training camp, uji coba dengan klub basket Cina," beber Fictor Roring.

Lebih jauh, Fictor juga menyebut langkah lain yang diusulkan CBA untuk membantu perkembangan basket Indonesia, yakni dengan menawarkan Timnas Indonesia mengikuti kompetisi Summer League CBA.

Jika terealisasi, hal itu kata Fictor akan memiliki dampak yang signifikan bagi para pebasket Indonesia. Sebab, selain pebasket lokal, para pemain Eropa dan Amerika juga turut bermain di Summer League CBA.

"Yao Ming memberi usul bahwa kita bisa diikutkan (berkompetisi) di Summer League CBA. Kalau dapat kesempatan itu kita punya kesempatan bermain dengan pebasket-pebasket dunia," ujar pelatih 46 tahun tersebut.

"Namun semua ide ini belum fix, tapi mereka siap membantu kita. Yao Ming bilang dia senang melihat kita bermain. di Asian Games kan kita bertemu dengan Cina, mereka menilai kualitas kita lumayan dan sudah bermain dengan benar," tukasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS