Bukan Dipecat, Fictor Roring Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Basket

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Bukan Dipecat, Fictor Roring Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Basket
Pelatih tim basket Indonesia Fictor Roring hadiri jumpa pers usai pertandingan kontra Timor Leste di ajang test event Asian Games 2018 [Suara.com/Adie Prasetyo].

Meski undur diri, Fictor Roring menyebutkan siap dimintai saran untuk timnas bila diperlukan.

Suara.com - Fictor Gideon Roring dipastikan tak lagi menduduki kursi pelatih tim nasional basket putra Indonesia. Bukan dipecat, lelaki kelahiran Manado, Sulawesi Utara itu justru memilih mundur lantaran mengalami masalah kesehatan.

Juga menjabat sebagai kepala pelatih Pelita Jaya Basketball, Fictor Roring sudah menduduki kursi pelatih tim Merah Putih sejak akhir 2017.

Saat itu, Fictor menggantikan posisi Wahyu Widayat Jati yang sebelumnya sukses menghantarkan Indonesia meraih medali perak SEA Games 2017.

"Sebenarnya saya yang meminta mundur dari timnas. Salah satunya karena saya ingin lebih fokus mengurus Pelita Jaya," kata pemilik nama lengkap Fictor Gideon Roring.

"Alasan lain yang membuat saya mundur dari timnas adalah faktor keluarga dan kesehatan. Jujur saja, pinggang saya ini sering bermasalah. Rasa sakitnya sering kambuh," sambungnya.

Pelita Jaya Basketball (jersey biru) harus mengakui keunggulan Satria Muda Pertamina Jakarta 53-70 dalam laga big match Seri II Indonesia Basketball League (IBL) 2018/2019, Sabtu (8/12/2018). [Dok. IBL]
Pelita Jaya Basketball (jersey biru) harus mengakui keunggulan Satria Muda Pertamina Jakarta 53-70 dalam laga big match Seri II Indonesia Basketball League (IBL) 2018/2019, Sabtu (8/12/2018). [Dok. IBL]

Meski tak lagi menangani timnas basket putra Indonesia, mantan pemain Satria Muda itu siap jika sewaktu-waktu Perbasi selaku federasi basket Tanah Air meminta saran dan masukan bagi timnas yang tahun ini akan menghadapi SEA Games 2019 di Filipina.

"Bukannya saya tidak mau melatih timnas, ya. Justru melatih timnas itu adalah suatu kehormatan buat saya. Toh saya mundur bukan berarti saya akan jauh begitu saja dengan timnas. Mungkin saya bisa memberikan saran dan lain-lain," tukasnya.

Ito, sapaan akrab Fictor Roring sendiri bukanlah sosok asing dalam tubuh timnas basket Indonesia. Ia pernah membawa tim Merah Putih meraih dua medali perak di SEA Games 2007 dan 2015, serta medali emas SEABA 2018.

Uniknya, setelah Fictor Roring memutuskan mundur, kursi pelatih timnas basket putra justru digadang-gadang akan kembali diemban oleh Wahyu Widayat Jati, yang musim ini menjadi juru taktik klub NSH Jakarta.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS