Ketika Ujian Nasional Pecah Fokus Lalu Muhammad Zohri

RR Ukirsari Manggalani | Arief Apriadi
Ketika Ujian Nasional Pecah Fokus Lalu Muhammad Zohri
Pelari nasional, Lalu Muhammad Zohri, mengibarkan bendera Merah Putih usai menjuarai nomor lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018). [Dok. PASI]

Lalu Muhammad Zohri mesti berlaga di Malaysia Open Grand Prix dan langsung ujian nasional.

Suara.com - Sprinter muda andalan Indonesia, Lalu Muhammad Zohri akan mengikuti kejuaraan atletik Malaysia Open Grand Prix 2019. Namun fokus atlet 18 tahun ini terbagi dua, karena sebentar lagi harus mengkuti Ujian Nasional (UN) SMA.

Seperti siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) lainnya, Lalu Muhammad Zohri punya kewajiban untuk mengikuti ujian nasional sebagai syarat kelulusan.

PB PASI selaku induk cabang olahraga yang menaungi Lalu Muhammad Zohri sadar jika anak latihnya juga harus memperioritaskan pendidikan di samping prestasinya di atas lintasan.

Karena itu, Eni Nuraeni selaku pelatih lari PB PASI memberi kelonggaran kepada Lalu Muhammad Zohri. Menjelang ujian nasional SMA yang akan berlangsung awal April 2019, sprinter asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini hanya diberi beban berlatih satu kali, pada sesi sore hari.

"Kami persiapkan saja yang terbaik untuk Zohri. Karena dia juga harus ujian nasional. Jadi otomatis dia berlatih hanya sehari sekali, kalau yang lain dua kali," ujar Eni Nuraeni.

Meski ujian nasional memecah fokus ke Malaysia Open Grand Prix 2019, persiapan Lalu Muhammad Zohri dinilai Eni Nuraeni tak banyak terganggu. Sprinter berjuluk "Bocah Ajaib dari Lombok" itu masih mampu mencatatkan waktu 10,19 detik.

Catatan itu hanya selisih 0,01 detik dari waktu terbaik yang diraih Lalu Muhammad Zohri saat menyabet medali emas nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20, Juli 2018.

Lalu Muhammad Zohri menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri [Suara,com / Adie PRASETYO]
Lalu Muhammad Zohri menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri [Suara.com / Adie Prasetyo].

Di Malaysia Open Grand Prix 2019, Lalu Muhammad Zohri hanya akan turun di nomor sprint 100 meter putra. Selepas mengikuti kejuaraan ini, ia akan langsung bertolak ke Tanah Air untuk mengikuti Ujian Nasional pada 1 April 2019.

"Dia 'kan sudah kelas 3 SMA, karena itu setelah lomba di Malaysia, kami langsung pulang. Pada 1 April dia langsung ikut ujian," tukas Eni Nuraeni.

Malaysia Open Grand Prix 2019 akan dimulai 30-31 Maret 2019 di MSN Stadium, Kuala Lumpur.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS