Praveen / Melati Kalah, Richard Sebut Duo Adcock Tampil Kurang Sportif

Silfa Humairah Utami | Arief Apriadi
Praveen / Melati Kalah, Richard Sebut Duo Adcock Tampil Kurang Sportif
Pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. [Dok. PBSI]

Apa yang membuat Richard sebut duo adcock tampil kurang Sportif saat menghadapi Praveen / Melati?

Suara.com - Praveen / Melati Kalah, Richard Sebut Duo Adcock Tampil Kurang Sportif.

Pelatih sektor ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky berang dengan kekalahan yang dialami Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di laga babak penyisihan Grup 1B Piala Sudirman 2019, Minggu (19/5/2019). 

Ia menyebut lawan yang dihadapi Praveen/Melati yakni Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris), tampil kurang suportif dengan sering kali mengulur-ngulur waktu.

Praveen/Melati menjadi satu-satunya wakil yang gagal menyumbang poin dalam kemenangan 4-1 Indonesia atas Inggris. Mereka kalah dua game langsung, 17-21, 18-21 dalam laga yang berlangsung di Guangxi Sports Center, Nanning, China.

"Saya merasa pasangan Inggris bermain dengan taktik dan strategi yang kurang sportif dan merugikan kami," ujar Richard Mainaky dalam rilis yang diterima Suara.com, Minggu (19/5/2019).
 
"Praveen mau servis di-break terus, banyak cara-cara yang tidak fair, seharusnya ini menjadi perhatian wasit juga," sambungnya.

Bebebrapa kali duo Adcock memang meminta servis Praveen atau Melati diulang dengan alasan belum dalam posisi siap. Mereka sudah mengisyaratkannya dengan mengangkat tangan.

Richard mengakui jika kejadian tersebut tak bisa menjadi alasan dalam kekalahan Praveen/Melati kali ini. Namun, ia berharap anak latihnya itu bisa lebih tegas dan melapor ke wasit jika mendapat perlakuan kurang sportif dari lawan.

"Kalau lihat rekor pertemuan kan imbang, memang dari awal tidak bisa diperkirakan siapa yang menang. Di game pertama Praveen/Melati unggul tapi mereka tidak bisa mengatasi masalah non-teknis yang datang dari lawan," beber Richard.

"Mungkin Praveen/Melati yang terlalu polos atau bagaimana, mereka tidak pernah protes kepada wasit," pungkasnya.

Menurutnya karena kurang sportif, kekalahan ini membuat Praveen/Melati sudah kalah tiga kali dalam lima pertemuan terakhir menghadapi duo Adcock. Padahal, dalam dua pertemuan sebelumnya, pasangan ganda campuran peringkat tujuh dunia itu memborong kemenangan di Japan Open dan Fuzhou China Open 2018.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS