Menpora: Media Wajib Ekspos Atlet Muda ASEAN School Games

Rizki Nurmansyah
Menpora: Media Wajib Ekspos Atlet Muda ASEAN School Games
Menpora Imam Nahrawi (tengah) dalam acara pembukaan ASEAN School Games 2019 di Holly Stadium, Semarang, Jateng, Kamis (18/7) malam. [Suara.com/Adam Iyasa]

"Mereka pada usia muda masih pelajar pada saatnya akan membawa nama harum Indonesia," ujar Menpora.

Suara.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap para atlet muda ASEAN School Games 2019 mendapat perhatian penuh dari media massa.

Menurutnya, atlet muda harus diekspos agar dikenal dan menjadi idola para generasi milenial.

Diketahui ada ribuan atlet muda dari 10 negara ASEAN yang akan bertanding pada sembilan cabang olah raga di ASEAN School Games ke-11. Indonesia sendiri menurunkan 183 atlet.

"Ini hal besar, karena mereka pada usia muda masih pelajar yang pada saatnya akan membawa nama harum Indonesia dan negara-negara peserta ASEAN School Games ini," kata Menpora, usai Opening Ceremony ASEAN School Games 2019 di Holly Stadium Terang Bangsa, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2019).

Karenanya, Menpora ingin peran awak media sebagai ujung tombak informasi bisa menyampaikan kepada publik bahwa ada anak muda yang telah rela berkorban demi negara melalui ajang olahraga.

"Karenanya saya berharap profil mereka diangkat, profil dibuka, sehingga idola-idola baru generasi milenial ini berasal dari para atlet yang berkorban dan berkompetisi dilevel terbesar ASEAN," bebernya.

Lebih dari itu, Menpora menyebut, para atlet ASEAN School Games ke-11 merupakan tulang punggung bagian dari pengkaderan para atlet yang akan berlaga pada event internasional bergengsi Olimpiade 2032.

"Di Semarang ini mereka dipertemukan, dan akan kembali bertemu pada Olimpiade 2032 yang digelar di Indonesia. Jadi di usia inilah mereka akan kembali bertanding menjadi atlet di Olimpiade 2032 nanti," tukasnya.

ASEAN School Games 2019 akan berlangsung dari tanggal 19 sampai 25 Juli 2019. Mempertandingkan sembilan cabang olahraga antara lain atletik, badminton, renang, basket, sepak takraw, bola voli, pencak silat, tenis lapangan, dan tenis meja.

Total ada sebanyak 1.111 atlet dari 10 negara peserta: Indonesia, Myanmar, Philipina, Singapura, Laos, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Kontingen terbesar berasal dari Filipina yang menurunkan 184 atlet. Paling sedikit dari Kamboja yang hanya membawa 35 atlet.

Di ASEAN School Games 2019, Menpora Imam Nahrawi menargetkan Indonesia bisa menjadi juara umum.

Kontributor : Adam Iyasa

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS