Kabar Duka Tak Halangi Edgar Marvelo Sumbang Emas SEA Games 2019

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Kabar Duka Tak Halangi Edgar Marvelo Sumbang Emas SEA Games 2019
Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo berhasil menyumbangkan medali emas dari nomor daoshu/gunshu combined putra SEA Games 2019, Selasa (3/12/2019). [Dok. Istimewa]

Pewushu 21 tahun itu mendapat berita duka kala sang ayah dikabarkan meninggal dunia

Suara.com - Kabar meninggalnya sang Ayah, tak menghalangi atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo dalam menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Selasa (3/12/2019).

Edgar merebut podium tertinggi dari nomor daoshu/gunshu combined putra setelah mengemas 9,68 poin hasil dari akumulasi nomor doushu dan gunshu di World Trade Center Halls, Filipina.

Atlet wushu kelahiran Jakarta itu mengalahkan wakil Singapura, Jowen Lim dan Tran Xuan Huep (Vietnam) yang berturut-turut harus puas meraih perak dan perunggu.

Sebelum menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia, pewushu 21 tahun itu mendapat berita duka kala sang ayah dikabarkan meninggal dunia pada Senin (2/12/2019) malam WIB.

Meninggalnya ayah Edgar dibenarkan oleh Sekretaris Jendral Pengurus Besar Persatuan Wushu Indonesia (PB WI), Ngatino.

"Betul [ayah Edgar Xavier Marvelo meninggal dunia semalam]," ujar Ngatino saat dihubungi Suara.com dari Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Ngatino menjelaskan bahwa tim wushu Indonesia langsung sigap memberi motivasi kepada Edgar kala kabar duka itu tersiar.

Tim pelatih disebut Ngatino bahkan harus sedikit mengisolasi Edgar jelang laga. Hal itu agar semangat sang atlet tak luntur akibat perasaan sedih.

"Pelatih memberikan motivasi dan menenangkan Edgard untuk tetap fokus," beber Ngatino.

"Dan kita melarang kepada yang lain untuk menemui atau mengucapkan belasungkawa. Hal itu agar konsenstrasi Edgar tidak terganggu," pungkasnya.

Tambahan emas dari Edgar membuat kontingen Indonesia kini telah mengoleksi delapan medali emas di hari ketiga penyelenggaraan SEA Games 2019.

Medali emas lainnya disumbangkan timnas polo air putra, duathlon (Jauhari Johan), menembak (Rio Danu Tjabu dan Tirano Baja), angkat besi (Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah).

Di sisi lain, wushu juga berhasil menambah perolehan medali perak melalui Harris Horatius. Harris menjadi runner-up di nomor nanquan putra dengan raihan 9,63 poin.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS