Kualifikasi F1 GP Rusia: Lewis Hamilton Rebut Pole Position ke-96

Reky Kalumata
Kualifikasi F1 GP Rusia: Lewis Hamilton Rebut Pole Position ke-96
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton melaju saat sesi kualifikasi F1 GP Rusia di Sochi Autodrom Circuit. Bryn Lennon / POOL / AFP

Kini Hamilton mengincar rekor jumlah kemenangan terbanyak Michael Schumacer

Suara.com - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton merebut pole position pada babak kualifikasi F1 GP Rusia di Sochi, Sabtu (26/9/2020). Ini adalah pole position ke-96 bagi Hamilton sepanjang karier balapnya

Sementara Max Verstappen dengan mobil Red Bull akan start dari posisi kedua, sedangkan rekan satu tim Hamilton, dan juga rival terdekat di klasemen, Valtteri Bottas akan mengawali serangan dari P3.

Hamilton bisa menyamai rekor jumlah kemenangan terbanyak Michael Schumacer jika ia menang pada balapan Minggu nanti, yang bakal menjadi kemenangan ketujuhnya musim ini.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan suksesnya meraih pole position usai kualifikasi F1 GP Hungaria. Mark Thompson / POOL / AFP
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton merayakan suksesnya meraih pole position usai kualifikasi F1 GP Hungaria. Mark Thompson / POOL / AFP

Hasil kualifikasi itu merupakan pole position ke-96 bagi Hamilton selama menjadi juara dunia enam kali.

Baca Juga: Hamilton Tercepat di FP3 F1 GP Rusia, Bottas Kedua

Namun, Ia mengakhiri sesi kualifikasi di bawah pengawasan steward, bersama tiga pebalap lainnya, karena masuk kembali ke trek dengan cara yang membahayakan di Tikungan 2, demikian Reuters.

Hamilton menyintas drama di sesi kedua kualifikasi ketika Sebastian Vettel menabrakkan mobil Ferrarinya dan menyebabkan bendera merah dikibarkan dengan dua menit 15 detik tersisa.

Hamilton berada di P15 dan belum mencetak lap yang baik ketika itu. Upayanya di menit-menit terakhir mampu membuatnya masuk di peringkat 10 besar di sesi terakhir kualifikasi untuk berebut tempat start terdepan.

Di pengujung sesi terakhir, Hamilton mencetak lap terbaik sekaligus memecahkan rekor lintasan dengan waktu satu menit 31,304 detik.

Verstappen menyingkirkan Bottas dari baris terdepan dengan waktu 1:31,867 detik.

Baca Juga: Valtteri Bottas Tercepat di FP1 GP Rusia, Hamilton Alami Kendala

"Ini adalah salah satu kualifikasi terberat yang pernah aku jalani seingatku," kata Hamilton seperti dimuat Antara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS