alexametrics

Jelang MotoGP Prancis, 6 Mekanik Yamaha Diisolasi dan 1 Positif Covid-19

Reky Kalumata | Arief Apriadi
Jelang MotoGP Prancis, 6 Mekanik Yamaha Diisolasi dan 1 Positif Covid-19
Ilustrasi Kru tim Movistar Yamaha tengah menginspeksi motor Maverick Vinales. [AFP/Mohd Rasfan]

Satu dari keenam mekanik itu adalah pemimpin proyek motor Yamaha YZR-M1, Takahiro Sumi.

Suara.com - Kabar tak sedap datang dari tim Yamaha jelang MotoGP Prancis yang akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (11/10/2020).

Sebanyak enam mekanik tim berlogo Garpu Tala harus menjalani isolasi akibat terpapar virus Corona. Satu diantaranya bahkan sudah dinyatakan positif Covid-19.

Kondisi itu membuat Yamaha dipastikan tak bisa menggunakan jasa keenam mekanik tersebut pada MotoGP Prancis 2020 nanti.

Lebih sial lagi, satu dari keenam mekanik tersebut merupakan pemimpin proyek motor Yamaha YZR-M1, Takahiro Sumi.

Baca Juga: Bidik Podium di Le Mans, Valentino Rossi Berharap pada Cuaca

"Karena pembatasan perjalanan, sejumlah staf Yamaha di MotoGP berada di Andorra. Dalam kesempatan ini kami mengadakan tes PCR sebelum pergi dari sana," tulis pernyataan resmi Yamaha dikutip dari Crash, Jumat (9/10/2020).

"Hasilnya, ada satu dari staf teknis Yamaha yang positif terjangkit virus corona. Sementara itu lima staff lain negatif saat ini."

Demi mencegah penyebaran virus Corona, lima mekanik lain yang mendapat hasil negatif Covid-19 tetap diminta untuk mengisolasi diri. Pasalnya, mereka berenam kerap bersama-sama.

"Akibatnya, keenam insinyur dalam grup perjalanan ini sekarang mengisolasi diri di Andorra dan tidak akan menghadiri balapan akhir pekan mendatang di Le Mans, Prancis," tulis pernyataan Yamaha.

Kondisi itu menjadi kerugian tersendiri bagi para pebalap Yamaha yang untuk sementara mendominasi persaingan gelar juara dunia MotoGP 2020.

Baca Juga: Jelang MotoGP Le Mans, Begini Kata Pembalap Yamaha: Kuncinya Ada pada Cuaca

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo untuk sementara memuncaki klasemen. Sedangkan Maverick Vinales dari Monster Energy Yamaha, duduk di peringkat ketiga.

Komentar