alexametrics

Formula 1: Tercepat di Sesi Kualifikasi, Hamilton Start Terdepan di Bahrain

Syaiful Rachman
Formula 1: Tercepat di Sesi Kualifikasi, Hamilton Start Terdepan di Bahrain
Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Bahrain, Sirkuit Sakhir. (27/11/2020) [AFP]

Pole position di GP Bahrain menjadi start terdepan ke-98 Lewis Hamilton di sepanjang kariernya di Formula 1.

Suara.com - Lewis Hamilton merebut pole position GP Bahrain setelah mengalahkan rekan satu timnya, Valtteri Bottas dan pebalap Red Bull Max Verstappen di sesi kualifikasi, Sabtu (28/11/2020).

Hamilton, yang baru saja mengunci titel juara dunia ketujuhnya di Turki, tidak ingin santai dan memuncaki ketiga sesi kualifikasi hari itu.

Pebalap Britania itu kemudian meraih pole position ke-98 sepanjang kariernya, dan untuk ke-10 kalinya musim ini, dengan catatan waktu satu menit 27,264 detik, terpaut 0,289 detik dari Bottas yang membantu Mercedes mengunci dua posisi start di baris terdepan.

Hasil itu menegaskan dominasi Mercedes yang mengunci dua posisi start terdepan sebanyak 11 kali dari 15 balapan musim ini.

Baca Juga: Formula 1: Verstappen Patahkan Dominasi Mercedes di Sesi Latihan GP Bahrain

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Bahrain, Sirkuit Sakhir. (27/11/2020) [AFP]
Pebalap tim Red Bull Max Verstappen menjalani sesi latihan bebas Grand Prix Bahrain, Sirkuit Sakhir. (27/11/2020) [AFP]

Verstappen, yang sempat mengalahkan duet tim Mercedes itu di FP3, bakal mengawali serangan dua mobil Red Bull dari P3 dibantu rekan satu timnya, Alexander Albon yang akan start di P4.

Sergio Perez menjadi wakil satu-satunya Racing Point di Q3 setelah rekan satu timnya, Lance Stroll gagal lolos dari Q2 dan tertahan di P13. Sang pebalap Meksiko mampu mengamankan P5 di depan dua pebalap Renault Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon.

Sementara itu, Pierre Gasly yang cukup konsisten di sesi latihan bebas tergeser ke P8 berkat kejutan dari duet Renault itu.

Daniil Kvyat membawa mobil AlphaTauri kedua di peringkat sepuluh, di belakang Lando Norris dari tim McLaren yang akan start dari P9.

Ferrari sepanjang sesi latihan gagal membawa kedua pebalapnya masuk peringkat sepuluh besar, dan hasil kualifikasi tak jauh berbeda bagi pabrikan Italia itu.

Baca Juga: F1 GP Bahrain, Lewis Hamilton Waspadai Ancaman Red Bull

Sebastian Vettel bakal start dari P11 di depan rekan satu timnya, Charles Leclerc di baris keenam.

Komentar