alexametrics

FP1 MotoGP Italia: Maverick Vinales Tercepat, Zarco Kedua

Reky Kalumata
FP1 MotoGP Italia: Maverick Vinales Tercepat, Zarco Kedua
Rider Monster Energy Yamaha Maverick Vinales. Jean-Francois MONIER / AFP

Marc Marquez di posisi ke-16 di atas Valentino Rossi

Suara.com - Pebalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales membuka akhir pekan Grand Prix Italia sebagai pebalap tercepat di sesi latihan bebas pertama pada Jumat (28/5/2021).

Vinales mencetak waktu 1:46,593 untuk memuncaki FP1 diikuti oleh pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco sebagai pebalap Ducati tercepat dengan selisih 0,209 detik, demikian laman resmi MotoGP seperti dimuat Antara.

Duet tim Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir menunjukkan Suzuki mampu tampil gesit di sirkuit Mugello, yang dipandang lebih cocok dengan karakteristik Ducati dan Yamaha, setelah berturut-turut finis di P3 dan P4.

Pebalap tim Petronas Yamaha Franco Morbidelli mengklaim P5 di depan pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan Michelle Pirro, yang ditugasi menggantikan rookie Jorge Martin yang masih memulihkan diri pascakecelakaan di Portimao.

Baca Juga: Fabio Quartararo Targetkan Hal Ini pada MotoGP Italia 2021

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo finis P8 dengan jarak 0,973 dari rekan satu timnya di Yamaha, sedangkan juara Jerez dan Le Mans Jack Miller membayangi pebalap Prancis di P9.

Marc Marquez menjalani balapan keempatnya setelah sembilan bulan absen karena komplikasi di lengan kanannya setelah terjatuh di Jerez tahun lalu.

Marquez, yang memegang rekor lap dan pole position di Mugello, hanya mampu finis P16 di sesi latihan pagi dengan kondisi fisik yang belum 100 persen fit.
MotoGP kembali digelar di Mugello akhir pekan ini setelah tahun lalu balapan di sirkuit Italia itu batal karena pandemi.

Akan tetapi, kali ini tidak akan ada para fan yang biasanya memadati bukit di sepanjang sirkuit karena pembatasan terkait pandemi.

Mugello menjadi salah satu sirkuit yang paling menuntut kekuatan fisik dengan layout yang sangat teknis dan dengan lintasan lurus sepanjang 1,1km yang memungkinkan para pebalap mencapai kecepatan puncak hingga 356,7 kpj (Andrea Dovizioso,2019).

Baca Juga: Top 5 Sport: Valentino Rossi Diminta Serahkan Motornya ke Franco Morbidelli

Ducati mengincar kemenangan keempatnya di sirkuit kandangnya itu secara beruntun ketika Jack Miller, Francesco Bagnaia, dan Johann Zarco berharap mengikuti jejak Danilo Petrucci, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, dan Casey Stoner yang pernah memenangi Grand Prix Italia di atas motor Desmosedici.

Komentar