alexametrics

Phoenix Suns Hajar Lakers di Gim Kelima Play-off NBA

Rully Fauzi
Phoenix Suns Hajar Lakers di Gim Kelima Play-off NBA
Pemain Phoenix Suns, Devin Booker. [AFP/Getty Images/Christian Petersen]

Suns kini unggul 3-2 atas Lakers.

Suara.com - Devin Booker tampil ciamik dengan mengemas 30 poin, tujuh rebound dan lima assist untuk membawa tuan rumah Phoenix Suns menghajar Los Angeles Lakers 115-85, Rabu (2/6/2021) WIB, sehingga mereka kini memimpin 3-2 dalam putaran pertama play-off NBA 2020-2021 Wilayah Barat.

Cameron Payne menyumbangkan 16 poin setelah masuk dari bangku cadangan, dan Suns sempat unggul sampai 36 poin ketika mereka mencatat dua kemenangan berturut-turut dalam laga play-offnya ini.

LeBron James mencatat 24 poin, tujuh assist dan lima rebound untuk Lakers yang bermain tanpa Anthony Davis yang mengalami cedera selangkangan. Namun, raihan King James itu belum cukup untuk menghindarkan Lakers dari kekalahan.

Setelah gim kelima hari ini, gim keenam play-off berformat best-of-seven ini pun akan dimainkan di Los Angeles, Kamis malam waktu setempat atau Jumat (4/6/2021) WIB nanti.

Baca Juga: Play-Off NBA: Nuggets Memimpin 3-2 atas Blazers

Pada laga hari ini, Suns kehilangan Chris Paul yang cedera bahu kanannya saat berjuang menciptakan rebound, ketika waktu tinggal 6 menit 47 detik kuarter ketiga dan setelah itu tak masuk lagi lapangan. Dia resmi dinyatakan keluar pada kuarter keempat karena memar.

Paul saat itu sudah mencetak sembilan poin, enam assist dan empat rebound selama 23 menit bertanding.

Dominasi Suns begitu kentara, dengan mereka unggul sampai 30 poin pada paruh pertama, yang merupakan marjin terbesar dalam sejarah play-off NBA.

Di sisi lain, Lakers sebaliknya mengalami defisit paruh pertama yang terbanyak kedua. Lakers terungguli Portland Trail Blazers 75-41 pada babak pertama laga play-off NBA, 23 April 1992 silam.

Mikal Bridges menyumbangkan 13 poin untuk Suns yang mencatat efektivitas lemparan 45,7 persen dari dalam bidang lapangan, dan berhasil pada 14 dari 42 lemparan tiga angka yang dilepaskan.

Baca Juga: Novak Djokovic Lalui Babak Awal Roland Garros di Stadion Tanpa Penonton

Kyle Kuzma mempersembahkan 15 poin untuk Lakers yang hanya memiliki efektivitas lemparan 34,5 persen, termasuk 12 dari total 35 lembaran tiga angkanya.

Deandre Ayton membuat Suns memimpin 66-36 pada paruh pertama. Suns mengungguli Lakers 32-10 dalam total lemparan masuk pada periode ini.

Suns memperlebar keunggulan menjadi 36 poin berkat basket yang diciptakan Booker pada 7 menit 30 detik tersisa kuarter ketiga yang beberapa saat terjadi sebelum Paul mengalami lagi cedera.

Namun, kehilangan pemimpin lapangan mereka tak mengganggu Suns karena tim ini terus memimpin sampai laga berakhir.

Pemain Lakers, Kentavious Caldwell-Pope mengalami cedera lutut sebelum ditarik tetapi bermain tanpa mencetak poin selama 15 menit. Dia absen pada gim keempat lalu karena cedera.

Komentar