alexametrics

PON Papua: Luar Biasa! Venue Rugby PON XX Cetak 3 Rekor MURI

Reky Kalumata
PON Papua: Luar Biasa! Venue Rugby PON XX Cetak 3 Rekor MURI
Logo PON XX Papua 2021 (Humas dan PPM PB PON XX Papua).

Venue yang terletak di Sentani, Kabupaten Jayapura, berhasil menyabet tiga rekor MURI

Suara.com - Setelah berhasil mencatatkan venue Istora Papua Bangkit di buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Kini, giliran venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan cabang olahraga rugby di PON XX Papua 2021 yang menyabet rekor MURI.

Tak tanggung-tanggung, venue yang terletak di Sentani, Kabupaten Jayapura, berhasil menyabet tiga rekor MURI sekaligus, yakni pembangunan venue tercepat di Indonesia, venue sistem rehab dalam sisi konstruksi tercepat, dan venue dengan bentangan terbesar untuk pemasangat sintetik tercepat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, menyambut baik atas penghargaan tiga rekor MURI yang diberikan kepada venue rugby ini.

Sebab menurut Alex, selama ini banyak yang pesimis terhadap kesiapan venue rugby jelang pertandingan yang akan berlangsung pada 12 sampai 14 Oktober mendatang.

Baca Juga: PON Papua: Sumut Harapkan 4 Emas dari Biliar

"Kami buktikan kepada publik bahwa venue rugby selesai bahkan lebih cepat daripada administrasi atau kontrak yang ada. Kontraknya selesai 26 September, tapi ini selesainya kemarin 15 September," katanya kepada wartawan di Jayapura, Selasa (21/9/2021).

Sebelumnya Alex menyebut, proses kesiapan venue rugby sendiri sesungguhnya sudah selesai dikerjakan, meski hanya menyisakan pemasangan rumput sintesis.

Oleh karena itu, ia tetap percaya diri bahwa venue rugby sudah sangat siap digunakan, bahkan sebelum jadwal pertandingan pertama dimulai.

Kini, setelah melewati proses pekerjaan yang hanya memakan waktu 85 hari itu. Rencananya, venue rugby akan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe.

"Untuk persiapan peresmian sendiri sejauh ini kami sudah siap di lapangan, yang paling penting itu puji Tuhan, venue rugby yang tadinya banyak yang pesimis bisa selesai tepat waktu," imbuhnya.

Baca Juga: Panjat Tebing Sumut Optimistis Raih Medali di PON Papua

Selain meresmikan venue rugby, pada Rabu (22/9/2021) esok. Rencananya Gubernur Papua, Lukas Enembe, juga akan secara resmi menyerahkan seluruh venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan PON XX kepada Panitia Besar PON XX Papua.

Kontributor: Raymond Latumahina.

Komentar