alexametrics

Bosan "Indekos", PB Wushu akan Bangun Pusat Pelatihan di Jakarta

Arief Apriadi
Bosan "Indekos", PB Wushu akan Bangun Pusat Pelatihan di Jakarta
Atlet wushu putra Indonesia Edgar Xavier tampil dalam final taolu daoshu/gunshu combine putra SEA Games 2019 di World Trade Center, Manila, Filipina, Senin (2/12). [Antara/Sigid Kurniawan]

Hal itu disampaikan Ketua Umum PB WI yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Suara.com - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), berencana membangun pusat pelatihan di Citra Garden Cengkareng, Jakarta Barat karena selama ini, wushu Indonesia tidak memiliki fasilitas latihan terpusat.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PB WI yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya ke media di Jakarta, Selasa (7/12/2021) malam.

Airlangga Hartato berharap rencana PB WI mendapat dukungan dari sejumlah pihak, termasuk dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Airlangga menuturkan pihaknya sudah mengecek adanya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) di Citra Gardeng Cengkareng dan bisa dimanfaatkan untuk membangun gedung pusat pelatihan wushu Indonesia.

Baca Juga: PON Papua: Junita Malau Pertahankan Medali Emas Wushu

"DKI Jakarta itu kan banyak punya fasos dan fasilitas umum. Kami sudah cek di Citra Garden Cengkareng yang bisa dimanfaatkan untuk pelatnas terpusat," kata Airlangga dalam pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021 di Stadion Tennis Indoor Kompleks Gelora Bung Karno.

"Selama ini wushu itu seperti waktu saya dan pak Anies kuliah dengan di Yogyakarta yakni, indekos. Sekarang sudah waktunya tidak indekos lagi tinggal diperintahkan saja apalagi wushu ada di Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Targetnya Olimpiade 2032. sekarang, atlet kita rata-rata di bawah 12 tahun sehingga Indonesia bisa dapat meraih emas," ujar Airlangga menambahkan.

Permintaan Airlangga itu mendapat sambutan baik dari Gubernur Anies Baswedan. Bahkan, Anies menyebut olahraga wushu makin populer dan juga berkontribusi besar bagi Kontingen Jakarta pada PON XX Papua 2021.

"Wushu cukup berkontribusi besar bagi Jakarta. Bagian kami nanti membayar balik kontribusi buat wushu. Tadi, sudah disampaikan dibutuhkan tempat. Kita senang sekali Jakarta sebagai tempat pelatihan wushu Indonesia," kata Anies yang mengaku pernah tinggal indekos di Yogyakarta seperti yang disebutkan Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, yang membuka secara resmi Indonesia Wushu All Games 2021 mengapresiasi rencana tersebut.

Baca Juga: Sabet Enam Emas, Wushu Jatim Berjaya di PON XX Papua 2021

"Malam ini saya benar-benar bahagia. Tadinya, kami memikirkan tempat untuk Training Camp (TC) untuk cabang olahraga yang masuk DBON. Kenapa saya berterima kasih? Karena, tadi pak ketua umum menyampaikan keinginan membangun TC sendiri. Dan, keinginan ketum itu mendapat sambutan. Terima kasih pak ketum dan juga terima kasih pak Gubernur DKI Jakarta. Luar biasa kehadiran saya malam ini tidak sia-sia. Beban saya menjadi lebih ringan," kata Amali.

Komentar