facebook

Menpora: Mudah Mudahan Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di Kejuaraan Awal Februari

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Menpora: Mudah Mudahan Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Lagi di Kejuaraan Awal Februari
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Menurut Amali, kinerja Satgas pimpinan Raja Sapta mendapatkan respons positif dari WADA

Suara.com - Menpora Zainudin Amali memberikan laporan bahwa bendera merah putih kemungkinan sudah bisa berkibar dalam kejuaraan olahraga pada awal Februari 2022. Meski begitu, belum ada keputusan pasti dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Seperti diketahui, Indonesia kini sedang dalam masa sanksi dari WADA karena sejumlah pelanggaran yang dilakukan. Alhasil, bendera merah putih tidak bisa berkibar dalam beberapa kejuaraan seperti Piala Thomas & Uber serta Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Untuk mempercepat penyelesaian dan melakukan investigasi kasus ini, pemerintah membentuk Satgas yang diketuai oleh Raja Sapta Oktohari untuk menanganinya.

Nah, menurut Amali, kinerja Satgas pimpinan Raja Sapta mendapatkan respons positif dari WADA. Disebutkan kemungkinan bendera Indonesia sudah bisa berkibar pada Februari 2021.

Baca Juga: Masih Disanksi WADA, Bisakah Bendera Merah Putih Berkibar di Piala Asia Wanita 2022? Ini Kata PSSI

"Mudah-mudahan jika tak ada halangan itu (bendera merah putih) bisa berkibar lagi awal Februari dari konfirmasi yang dilaporkan Pak Okto sudah bisa berkibar," kata Amali dalam konferensi pers virtual, Senin (17/1/2022).

"Jika benar ini berarti lebih cepat. Karena harusnya (sanksi WADA) satu tahun," tambah Zainudin Amali.

Adapun Raja Sapta Oktohari mengaku sudah menerima pemberitahuan soal peluang bendera Indonesia bisa berkibar secara lisan, Kamis (13/1/2022) dan surat resmi dari WADA sehari setelahnya.

Meski begitu, dijelaskan Okto sanksi WADA masih belum dicabut. Dalam surat yang dikirim WADA hanya disebut bendera Indonesia bisa berkibar kembali lantaran sejumlah syarat yang diminta telah terpenuhi.

"Jadi per Kamis kami menerima langsung dari Direktur Jenderal WADA, lantas surat resmi per Jumat, bahwa yang terkait sanksi wada sudah ada penyelesaian complaining," ujar Okto.

Baca Juga: Zainudin Amali Harap IBL 2022 Lahirkan Atlet Terbaik untuk Timnas Basket

"Bendera merah putih akan berkibar kembali, namun kalau kita bicara sanksi itu kita harus menjadikan LADI yang profesional tidak semudah membalikkan telapak tangan," tambah sosok yang juga Presiden Komite Olahraga Indonesia itu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar