facebook

Pengaspalan Rampung, Sirkuit Mandalika Diklaim Aman Gelar MotoGP Indonesia 2022

Arief Apriadi
Pengaspalan Rampung, Sirkuit Mandalika Diklaim Aman Gelar MotoGP Indonesia 2022
Ilustrasi Sirkuit Mandalika. (Instagram/@skyscraperindonesia)

Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu akan diperiksa dan menjalani homologasi oleh FIM untuk memsatikan keamanannya.

Suara.com - Pengaspalan ulang Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika telah rampung. Lintasan tersebut diklaim aman untuk menggelar MotoGP Mandalika 2022 pada 18-29 Maret mendatang.

Pada awal pekan ini, sirkuit kebanggaan Tanah Air tersebut akan diperiksa pihak Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional (FIM)

MGPA (Mandalika Grand Prix Association) mengantisipasi, homologasi grade A akan diberikan sebelum race weekend dimulai.

Pengerjaan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika seperti yang diminta oleh FIM dan Dorna telah selesai dilakukan pada Kamis (10/3/2022), satu minggu penuh sebelum menggelar seri kedua MotoGP 2022 yang bernama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia itu.

Baca Juga: Jelang MotoGP Indonesia 2022, Marc Marquez dan Adik Sudah Persiapan dengan Cara Ini Hadapi Cuaca Ekstrem

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria menjelaskan pihaknya melakukan pengaspalan dari Tikungan 16 hingga Tikungan 5, alias lebih panjang dari yang diminta Dorna dan FIM.

“Namun, karena waktunya cukup, PT Pembangunan Perumahan melakukan pengelupasan aspal ulang dari setelah Tikungan 16 hingga ke Tikungan 5,” tutur Priandhi dalam keterangan tertulis, Senin (14/3/2022).

“Sekarang lintasan terlihat jauh lebih bagus. Butiran-butirannya lebih besar dan lebih rapat.”

"Pihak FIM akan datang pada hari ini atau besok. Lintasan akan dilihat safety officer untuk proses homologasi.”

Priandhi mengatakan bahwa Sirkuit Mandalika dan lintasan balap MotoGP memang perlu dibangun menggunakan spesifikasi aspal khusus. Karena, lintasan itu akan dilewati oleh motor dengan kecepatan tinggi di atas 250 km/jam.

Baca Juga: Kru dan Pebalap Mulai Tiba di Lombok Jelang MotoGP Mandalika 2022

“Tak mudah membuat permukaan lintasan. Di Indonesia belum pernah ada lintasan dilewati dengan kecepatan melebihi 250 km/jam," tutur Priandhi.

Komentar