facebook

5 Nomor Balap MotoGP yang Pensiun, Ada Milik Marco Simoncelli

Agatha Vidya Nariswari
5 Nomor Balap MotoGP yang Pensiun, Ada Milik Marco Simoncelli
Ilustrasi pebalap MotoGP (instagram/@motogp)

Nomor balap seakan identik dengan pebalapnya itu sendiri, sehingga nomor yang telah dipakai harus dipensiunkan ketika pemiliknya sudah tidak aktif lagi

Suara.com - Nomor seakan menjadi identitas yang penting bagi seorang olahragawan. Hampir di setiap cabang olah raga, ada sosok-sosok yang identik dengan nomornya.

Sebut saja Maradona dengan nomor punggung 10, pebasket Michael Jordan dengan nomor 23 dan terakhir pebalap Valentino Rossi dengan nomor 46.

Seiring berjalannya waktu, nomor tersebut akan hilang atau dipensiunkan, salah satunya karena sang pemilik ikut pensiun. Di ajang MotoGP, bukan hanya nomor balap milik Valentino Rossi saja yang pensiun. Ada sejumlah nomor balap MotoGP yang ikut dipensiunkan karena beberapa alasan.

Nomor balap yang digunakan oleh pebalap bukan hanya sekadar angka semata. Namun memiliki sejarah dan menjadi ciri khas dari pembalap itu sendiri.

Baca Juga: Federal Oil Sanjung Penampilan Gemilang Enea Bastianini, Kembali Bikin Bangga Indonesia

Meski sekarang nomor balap Valentino Rossi akan dipensiunkan, namun nomor 46 akan ia gunakan sebagai pondasi untuk membangun usaha dia selanjutnya.

Berikut sejumlah nomor balap lainnya yang sudah pensiun dari MotoGP:

1. Nomor Balap 58 Milik Marco Simoncelli

Nomor balap ini diketahui milik mendiang pembalap Marco Simoncelli. Keputusan MotoGP memensiunkan nomor ini setelah Marco menjadi korban sengitnya perlombaan dari ajang balap dari Grand prix.

Marco Simoncelli meninggal dunia setelah dirinya kecelakaan hebat di sirkuit Sepang, Malaysia pada 2011 silam.

Baca Juga: Raih Podium di MotoGP Prancis 2022, Enea Bastianini Malah 'Serang' Francesco Bagnaia

2. Nomor Balap 65 Milik Loris Cappirossi

Komentar