facebook

Selamat dari Kecelakaan Maut di Silverstone, Guanyu Zhou: Terima Kasih Halo

Rully Fauzi
Selamat dari Kecelakaan Maut di Silverstone, Guanyu Zhou: Terima Kasih Halo
Pembalap China Guanyu Zhou. [STR / AFP]

Kecelakaan horor dialami rookie Alfa Romeo ini.

Suara.com - Rookie tim Alfa Romeo, Guanyu Zhou mengatakan sistem perlindungan kepala yang bernama 'halo' telah menyelamatkannya saat mobilnya terbalik sebelum menghantam pagar pembatas Sirkuit Silverstone pada lanjutan F1 2022, yakni balapan F1 GP Inggris, Minggu malam.

Balapan dihentikan menyusul sejumlah insiden balapan beruntun di lap pembuka setelah start.

"Saya baik-baik saja, semua aman," kata Zhou di Twitter setelah menjalani pemeriksaan medis. "Halo menyelamatkan saya hari ini. Terima kasih semuanya atas pesan kalian yang hangat."

Halo yang terbuat dari titanium diperkenalkan ke F1 pada 2018, meski ditentang oleh sejumlah pebalap yang tidak menyukai desain pelidung tersebut apabila disematkan di mobil yang pada awalnya memiliki kokpit terbuka.

Baca Juga: Rebut Podium Kedua di Silverstone meski Kondisi Tak Maksimal, Sergio Perez: Ini Luar Biasa

Namun demikian, keputusan pemasangan halo mendapat pujian setelah terbukti menyelamatkan nyawa pebalap dalam sejumlah insiden kecelakaan serius yang terjadi belakangan ini.

Marshal dan kru di lapangan segera mengevakuasi Zhou dari mobilnya yang terbalik dalam kecepatan tinggi, sebelum melintasi gravel dan terlempar ke pagar pembatas tikungan pertama.

Sejumlah foto menunjukkan mobil Zhou bersandar pada sudut di ruang antara pagar dan penghalang dengan halo yang melindungi helm pengemudi.

Itu merupakan kali kedua pada Minggu halo menyelamatkan pebalap dari cedera serius.

Roy Nissany terlindungi olehnya saat mobil pebalap Dennis Hauger terbang dan mendarat di atas mobilnya di balapan F2, kemarin dalam balapan yang lebih awal.

Baca Juga: Hasil F1 GP Inggris 2022: Diwarnai Kecelakaan Horor, Carlos Sainz Asapi Lewis Hamilton

Pebalap Williams Alexander Albon juga terlibat kecelakaan terpisah dan diterbangkan ke rumah sakit di Coventry dengan helikopter untuk diperiksa.

Pebalap tim Mercedes George Russell keluar dari mobilnya setelah terlibat kecelakaan dengan Zhou dan berlari ke arah mobil rivalnya itu untuk memeriksa sang pebalap China.

Russell mendapati mobilnya tersenggol mobil AlphaTauri Pierre Gasly sehingga kehilangan kendali dan menyenggol mobil Zhou.

"Saya dikelilingi mobil-mobil lain dan hal yang saya tahu setelah itu saya tersenggol, saya berada di samping Zhou dan terjadilah itu," kata Russell dikutip Reuters.

Televisi tidak menayangkan siaran ulang kecelakaan itu sebelum Zhou dievakuasi dan dinyatakan sadar.

[Antara]

Komentar