Ini Solusi Penyimpanan Data Lebih Hemat dan Efisien

Dythia Novianty | Dinda Rachmawati
Ini Solusi Penyimpanan Data Lebih Hemat dan Efisien
PT Global Infotech Solution menjalin kerjasama dengan PT IBM Indonesia dan TmaxSoft Singapore Pte Ltd, menghadirkan paduan server IBM dan Tibero, di Jakarta, Selasa (26/9/2017). [Suara.com/Dinda Rachmawati]

Solusi pentimpanan data ini diklaim lebih hemat dan efisien.

Suara.com - Sistem penyimpanan data (database) adalah salah satu hal penting bagi setiap bidang, baik bagi perusahaan maupun individu. Sayangnya, untuk memiliki sistem database, perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar agar data yang disimpan terkelola dengan baik dan lancar.

Menurut Managing Director PT Global Infotech Solution Amon Fernandes, dalam mengoperasikan sistem database, sebuah perusahaan harus terus memperbaharui dan melakukan perawatan secara berkala setiap tahunnya.

"Menggunakan sistem database yang sudah ada, paling tidak perusahaan harus maintanance, update, upgrade, tuning dan lainnya dengan biaya sebesar 22 persen dari harga beli. Ini benar-benar tidak efisien dan mahal," ungkap dia dalam peluncuran IBM dan Tibero di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Mengetahui kebutuhan banyak perusahaan yang ingin lebih efisien dan hemat inilah, PT Global Infotech Solution menjalin kerjasama dengan PT IBM Indonesia dan TmaxSoft Singapore Pte Ltd, menghadirkan paduan server IBM dan Tibero, sebagai solusi berupa sistem penyimpanan data yang menyeluruh.

Tibero, lanjut dia, merupakan solusi penyimpanan data alternatif, yang dapat berjalan diberbagai operating system, mendukung sistem penyimpanan yang sudah dimiliki dan efisiensi yang sangat besar bagi pelanggan-pelanggannya.

Bahkan, ia mengklaim, dengan menggunakan sistem penyimpanan data ini, perusahaan akan menghemat biaya hingga 50 persen dan biaya perawatan per tahun, hanya 18 persen dari harga beli.

Solusi ini, kata Tan Wijaya, Country Manager System Hardware IBM Indonesia, juga menyediakan kemudahan bagi perusahaan yang ingin melakukan migrasi sistem database. Salah satunya, berupa alat-alat yang dapat membantu proses migrasi sistem database berjalan dengan sedikit interaksi atau otomatis.

Dengan kemudahan ini, kata dia, maka proses migrasi dapat dilakukan di luar jam kerja dan hasilnya dapat langsung dilihat keesokan harinya.

Cara kerja sistem penyimpanan data alternatif yang ditawarkan ini, menggabungkan server IBM dan Tibero. Untuk penyimpanan data, mereka menggunakan server IBM yang telah dikenal sebagai server yang sangat handal dari masa ke masa, serta memiliki stabilitas performa yang sangat baik dibanding server lain di kelasnya.

"Dengan stabilitas performa yang baik, maka Tibero dan IBM server mampu menjawab tantangan bisnis yang ada di berbagai perusahaan. Paket solusi ini akan menargetkan pasar enterprise dan edukasi, baik di pemerintahan, perusahaan swasta nasional maupun perguruan tinggi," tutup dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS