alexametrics

Dua Ekor Dinosaurus Dilelang di Paris

Liberty Jemadu
Dua Ekor Dinosaurus Dilelang di Paris
Kerangka dua dinosaurus, seekor diplodocus (belakang) dan allosaurus (depan) dipamerkan di rumah lelang Drouot, Paris paa 6 April sebelum dilelang pada Rabu (11/4). [AFP/Stephane de Sakutin]

Dua fosil dinosaurus itu diperkirakan laku seharga lebih dari 1 juta euro.

Suara.com - Tulang-belulang dua ekor dinosaurus, yang terdiri dari seekor allosaurus dan diplodocus, akan dilelang di Paris, Prancis pekan ini. Artefak purbakala itu dipasarkan sebagai hiasan interior bagi mereka yang memiliki ruang tamu yang sangat luas.

"Fosil kini tak lagi hanya monopoli para ilmuwan," kata Iacopo Briano dari Binoche et Giquello, rumah lelang yang akan menjual dua fosil dinosaurus itu pada Rabu (11/4/2018).

"Dinosaurus sudah menjadi objek dekorasi yang keren, sama seperti lukisan," imbuh Briano seperti dilansir AFP.

Ia mengatakan bahwa aktor Hollywood seperti Leonardo DiCaprio dan Nicolas Cage termasuk para penggemar ornamen prasejarah tersebut.

Cage memang diketahui pernah mengoleksi tulang tengkorang tyrannosaurus bataar. Tetapi fosil yang dibelinya pada 2007 itu sudah dikembalikan karena belakangan tulang itu diketahui dicuri dan dibawa secara ilegal dari Mongolia.

Allosaurus yang akan dilelang Rabu itu panjangnya 3,8 meter. Ia diperkirakan laku di angka 650.000 euro. Sementara fosil diplodocus, yang panjangnya sekitar 12 meter diperkirakan terjual di harga 500.000 euro.

Allosaurus, yang merupakan karnivora, memang lebih sering dicari ketimbang dinosaurus herbivora seperti diplodocus.

"Pembeli menyukai giginya," kata Eric Mickeler, pakar sejarah alam dari rumah lelang Aguttes.