Kocak! Ketik Kata Idiot, Google Images Tampilkan Donald Trump

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Kocak! Ketik Kata Idiot, Google Images Tampilkan Donald Trump
Ilustrasi Google Search di ponsel. [Shutterstock]

Google tengah membuat heboh dunia maya karena dengan mengetikkan kata "idiot" dalam kotak pencarian, maka akan muncul gambar-gambar Donald Trump.

Suara.com - Mesin pencarian Google tengah membuat heboh dunia maya karena saat pengguna mengetikkan kata "idiot" dalam kotak pencarian, maka akan muncul gambar-gambar Donald Trump.

Dikutip dari The Guardian, serangan itu adalah hasil dari kampanye yang dilakukan para aktivis online yang tidak senang dengan kebijakan presiden yang dinilai mereka kontroversial. Mereka dilaporkan memanipulasi algoritme Google dengan melampirkan kata "idiot" ke gambar Donald Trump.

Algoritme Google diciptakan untuk membantu mengatur dan memprioritaskan informasi yang disajikan dalam hasil pencarian. Hasil gambar ini tampaknya didorong oleh ribuan upvotes untuk postingan mengenai Donald Trump di Reddit. Sebagian besar pengguna memosting konten yang berisi foto Donald Trump dengan kata "idiot" di Reddit.

Pada tahun 2009 silam Google telah menjelaskan bahwa mesin pencari merupakan cerminan dari konten dan informasi yang tersedia di internet. Peringkat situs di hasil pencarian Google sangat bergantung pada algoritme komputer, menggunakan ribuan faktor untuk menghitung relevansi halaman dengan permintaan yang diberikan.

Terkadang seluk-beluk bahasa menyebabkan anomali yang tidak dapat diprediksi. Hingga kini, pihak Google maupun Gedung Putih belum mengeluarkan komentar mengenai kejadian ini.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS