facebook

Ketika Bulan Memiliki Bulan yang Disebut Bulanbulan

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ketika Bulan Memiliki Bulan yang Disebut Bulanbulan
Ilustrasi sebuah planet dan dua bulannya. [Shutterstock]

Sebuah Bulan kemungkinan dapat memiliki Bulan yang secara ilmiah disebut sub-Bulan.

Suara.com - Menurut astronom Juna Kollmeier dari Institut Carnegie Washington dan Sean Raymond dari Universitas Bordeaux, sebuah Bulan kemungkinan dapat memiliki Bulan yang secara ilmiah disebut sub-bulan, tetapi kedua astronom ini memiliki nama yang lebih menarik, yaitu BulanBulan (moonmoons).

Dalam analisis yang diterbitkan dalam arXiv, Kollmeier dan Raymond menghitung kondisi Goldilocks (zona di orbit sebuah bintang yang memastikan suhu optimal pada planet yang mengitarinya bisa memiliki air dalam bentuk cair) yang akan memungkinkan sebuah BulanBulan untuk secara stabil mengorbit bulannya tanpa terlempar ke luar jalur atau tertarik gravitasi Bulannya.

Kedua astronom itu menyimpulkan bahwa hanya Bulan yang berukuran besar, setidaknya memiliki radius 1.000 kilomoter atau lebih besar, yang bisa memiliki sebuah BulanBulan. Diperkirakan BulanBulan tersebut bisa berukuran hingga 10 kilometer.

Sebuah Bulan juga harus berada jauh dari planet induknya agar BulanBulan yang mengorbitnya tidak menjadi Bulan dari planet tersebut.

Baca Juga: Masuk Bulan Oktober, Lima Peristiwa Langit Ini Akan Terjadi

"Gaya gravitasi planet induk cenderung mendestabilitasi orbit BulanBulan yang berpotensi mengitari Bulan yang terlalu dekat dengan planet induknya. Ini adalah hal yang banyak terjadi pada sebagian besar Bulan di tata surya kita. Namun, beberapa Bulan di tata surya ada yang diketahui mampu memiliki BulanBulan. Mereka adalah Bulan Saturnus, Titan dan Lapetus,Bulan Jupiter, dan bahkan Bulan milik Bumi," tulis para astronom dalam jurnal penelitian, seperti yang dikutip dari New Science.

Dalam penelitian ini juga dijabarkan, kemungkinan adanya BulanBulan pada bulan milik sebuah planet asing, yaitu planet ekstrasurya Kepler-1625b. Bulan yang diperkirakan berukuran cukup besar itu memiliki ukuran seperti Neptunus. Dengan ukurannya yang besar tersebut, sebuah Bulan kemungkinan dapat memiliki BulanBulan.

Kollmeier dan Raymond juga akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki kondisi yang ideal, di mana membuat BulanBulan dapat terbentuk atau mengorbit Bulan. [Newscientist/Iflscience/Arxiv]