Lima Tempat Ini Wajib Dikunjungi di Tata Surya

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Lima Tempat Ini Wajib Dikunjungi di Tata Surya
Olympus Mons. [Shutterstock]

Ada begitu banyak objek menarik yang dapat dijadikan destinasi wisata di tata surya.

Suara.com - Perjalanan wisata antar planet atau ruang angkasa saat ini masih menjadi hal yang mustahil dilakukan oleh umat manusia. Namun, ada begitu banyak objek menarik yang dapat dijadikan destinasi wisata di tata surya, seperti lima daftar tempat berikut ini dikutip dari Britannica:

1. Cekungan Caloris, Merkurius

Sekitar 4 miliar tahun yang lalu, tata surya bagian dalam mulai membentuk planet-planet muda seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Selama periode ini, asteroid besar seperti yang menciptakan mare di Bulan menabrak permukaan Merkurius dan menghasilkan Cekungan Caloris, yang merupakan kawah terbesar di permukaan Merkurius sekaligus terbesar di tata surya.

Kawah tersebut memiliki diameter lebih dari 1.550 kilometer dan dikelilingi oleh pegunungan tertinggi Merkurius yang menjulang setinggi 3 kilometer di atas dataran. Namun, jika ingin berkunjung ke cekungan ini umat manusia harus mempersiapkan pakaian tahan panas. Karena penamaan Caloris bukan tanpa sebab, Calor merupakan bahasa Latin yang berarti "panas".

2. Mare Tranquillitatis, Bulan

Mare Tranquillitatis merupakan mare lunar yang berada di dalam cekungan Tranquillitatis di Bulan. Mare Tranquillitatis juga tempat di mana dulu pendaratan misi Apollo 11 terjadi pada 20 Juli 1969.

Di Mare Tranquillitatis dapat melihat bagian bawah modul lunar Eagle serta bendera Amerika Serikat yang coraknya sudah memudar. Mare ini memiliki warna kebiru-biruan sedikit relatif terhadap sisa Bulan dan menonjol cukup baik ketika warna diproses dan diambil dari beberapa foto. Warnanya mungkin karena kandungan logam yang lebih tinggi dalam tanah atau batu basaltik.

3. Valles Marineris, Mars

Dalam bahasa Latin berarti Lembah-lembah Mariner, dinamakan dari Mariner 9 yang menemukan Valles Marineris. Memiliki panjang lebih dari 4.000 km dan lebar 200 km serta kedalaman lebih dari 7 km, Valles Marineris dikenal sebagai ngarai terbesar di tata surya.

Terletak di wilayah khatulistiwa Mars, dispekulasikan bahwa Valles Marineris mungkin merupakan sistem patahan yang memisahkan dua lempeng benua di Mars. Jika benar, maka Mars dan Bumi akan menjadi planet dengan permukaan yang dibentuk oleh lempeng tektonik.

4. Olympus Mons, Mars

Setelah kawah dan ngarai terbesar di tata surya, kali ini Olympus Mons merupakan gunung berapi terbesar yang pernah diketahui di tata surya. Gunung ini memiliki lebar sekitar 700 km dan walaupun landai, tepian Olympus Mons memiliki tebing setinggi 10 km. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 22 km di atas permukaan Mars.

5. Bintik Merah Besar Jupiter

Dikenal juga sebagai Bintik Merah Raksasa atau Great Red Spot, objek ini merupakan badai antisiklon permanen pada planet Jupiter dan telah ada selama sedikitnya 176 tahun. Badai tersebut sangat besar sehingga dapat dilihat melalui teleskop di Bumi, diperkirakan berukuran 160 km.

Sistem badai ini berputar setiap tujuh hari dengan kecepatan angin di tepiannya yang mencapai 400 km per jam. Walaupun telah ditemukan sejak tahun 1878, sayangnya bintik ini memiliki ukuran yang semakin mengecil setiap tahunnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS