alexametrics

Tumblr Secara Misterius Menghilang dari App Store, Kok Bisa?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tumblr Secara Misterius Menghilang dari App Store, Kok Bisa?
Ilustrasi aplikasi Tumblr di ponsel pintar. (Shutterstock)

Aplikasi Tumblr untuk iOS menghilang secara misterius dari App Store akhir pekan ini.

Suara.com - Aplikasi Tumblr untuk iOS menghilang secara misterius dari App Store akhir pekan ini. Tidak ada kejelasan apakah aplikasi tersebut hilang dari App Store karena dihapus oleh Apple atau pihak Tumblr sendiri.

Baru-baru ini, pengguna melaporkan adanya masalah dalam pencarian di aplikasi Tumblr untuk iOs. Mereka mengatakan bahwa tidak dapat melakukan penulusuran ketika Mode Aman aplikasi dinonaktifkan.

Sementara itu, bagi pengguna yang telah menghapus instalan aplikasi, Tumblr tidak dapat lagi ditemukan di App Store.

Masalah ini diakui oleh Tumblr dan mengatakan di Help Center miliknya bahwa perusahaan tengah bekerja untuk menyelesaikan masalah dengan aplikasi iOSnya. Dilansir dari Digital Trends, pembaruan terakhir tercatat pada 17 November lalu dan masih berfungsi penuh serta tersedia di App Store.

Baca Juga: Tik Tok Dibuka Kominfo, Bagaimana dengan Tumblr?

"Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah dengan aplikasi iOS dan berharap dapat segera berfungsi kembali. Kami sangat menghargai kesabaran Anda saat kami mengetahui hal ini, dan kami akan memperbarui artikel ini saat kami memiliki berita untuk dibagikan," tulis Tumblr.

Diduga penghapusan ini karena munculnya konten yang tidak pantas dalam platfrom Tumblr untuk iOS, mengingat izin penelusuran yang diberikan hanya dalam Mode Aman. Apple telah menghapus beberapa aplikasi dari App Store karena alasan yang sama, seperti Telegram setelah ditemukannya kasus ponografi anak lewat aplikasi tersebut.

Pedoman iOS Apple memperjelas bahwa aplikasi apa pun yang tersedia di toko, harus memiliki semacam filter konten untuk menyaring materi sensitif dan Tumblr terkenal permisif terhadap konten NSFW serta konten berorientasi dewasa. Meski begitu, Mode Aman Tumblr sendiri dapat dinonaktifkan kapan pun oleh pengguna. [Digitaltrends/9to5mac]