Enam Trik Ini Bantu Anda Terhapus dari Internet

Dythia Novianty
Enam Trik Ini Bantu Anda Terhapus dari Internet
Ilustrasi browsing internet. [Pixabay]

Trik berikut dapat membantu "menghapus" Anda dari internet.

Suara.com - Buat Anda yang senang berselancar di dunia maya, tentu memahami berbagai bentuk risiko, terutama soal informasi pribadi yang tersebar. Tapi tentu bukan itu yang Anda mau bukan?

Tidak salah jika tiba-tiba terlintas di pikiran Anda untuk menghapus atau menonaktifkan akun di semua media sosial. Jadi, bagaimana cara menghapus diri sendiri dari internet mencegah perusahaan-perusahaan ini memperoleh info Anda?

Jawaban singkat: tidak bisa. Sayangnya, Anda tidak pernah dapat menghapus sepenuhnya dari internet, tetapi ada cara untuk meminimalkan jejak online Anda, yang akan menurunkan kemungkinan data Anda keluar dari sana. Inilah beberapa cara untuk melakukan hal itu.

Namun, berhati-hatilah menghapus informasi Anda dari internet, dapat mempengaruhi kemampuan Anda berkomunikasi dengan lingkungan.

1. Hapus atau nonaktifkan akun belanja, jejaring sosial, dan layanan web Anda

Pikirkan tentang jejaring sosial mana Anda memiliki profil. Selain dari yang besar, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Instagram, apakah Anda masih memiliki akun publik di situs seperti Tumblr, Google+ atau bahkan MySpace? Situs belanja mana yang Anda daftarkan?

Untuk menyingkirkan akun-akun ini, masuk ke pengaturan akun Anda dan cukup cari opsi untuk menonaktifkan, menghapus atau menutup akun Anda. Bergantung pada akun, Anda mungkin menemukannya di bawah Keamanan atau Privasi, atau sesuatu yang serupa.

Jika Anda mengalami masalah dengan akun tertentu, coba cari online untuk "Cara menghapus", diikuti dengan nama akun yang ingin Anda hapus. Anda dapat menemukan beberapa petunjuk tentang cara menghapus akun tertentu.

Jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menghapus akun, ubah info di akun menjadi sesuatu selain info jujur seputar pribadi Anda.

2. Hapus diri Anda dari situs pengumpulan data

Ada perusahaan di luar sana yang mengumpulkan informasi Anda. Mereka disebut pialang data dan mereka memiliki nama seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder, serta banyak lainnya.

Mereka mengumpulkan data dari semua yang Anda lakukan secara online dan kemudian menjual data tersebut ke pihak yang berkepentingan, sebagian besar untuk lebih khusus mengiklankan kepada Anda dan menjual lebih banyak barang kepada Anda.

Sekarang Anda dapat mencari sendiri situs-situs ini dan kemudian menangani setiap situs secara individual untuk menghapus nama Anda. Masalahnya adalah prosedur untuk memilih keluar dari setiap situs berbeda dan terkadang melibatkan pengiriman faks dan mengisi dokumen fisik yang sebenarnya.

Cara yang lebih mudah untuk melakukannya adalah menggunakan layanan seperti DeleteMe di Abine.com. Seharga 129 dolar AS / tahun, layanan ini akan melompat melalui semua lingkaran monoton untuk Anda. Ia bahkan akan memeriksa kembali setiap beberapa bulan untuk memastikan nama Anda belum ditambahkan kembali ke situs-situs ini.

Namun, jika Anda menghapus diri sendiri dari situs-situs pialang data ini, maka sebagian besar akan menghapus diri Anda dari hasil pencarian Google. Ini yang membuatnya lebih sulit bagi orang untuk menemukan Anda.

3. Hapus info Anda langsung dari situs web

Pertama, tanyakan kepada perusahaan telepon Anda atau penyedia seluler untuk memastikan Anda tidak terdaftar secara online dan minta mereka menghapus nama Anda.

Jika Anda ingin menghapus posting forum lama atau blog lama yang memalukan yang Anda tulis pada hari itu, Anda harus menghubungi webmaster dari situs tersebut secara individual. Anda dapat melihat bagian Tentang kami atau Kontak di situs untuk menemukan orang yang tepat untuk dihubungi atau mengunjungi www.whois.com dan mencari nama domain yang ingin Anda hubungi.

Sayangnya, operator situs web pribadi tidak berkewajiban menghapus postingan Anda. Jadi, ketika menghubungi situs-situs ini sopan dan jelas menyatakan mengapa Anda ingin posting dihapus. Semoga mereka benar-benar akan menindaklanjuti dan menghapusnya.

4. Hapus info pribadi dari situs web

Jika seseorang mengeposkan informasi sensitif milik Anda seperti nomor Jaminan Sosial atau nomor rekening bank dan webmaster situs tempat diposkan tidak akan menghapusnya, Anda dapat mengirim permintaan hukum ke Google untuk menghapusnya.

Proses penghapusan bisa memakan waktu lama, dan tidak ada jaminan akan berhasil, tetapi itu juga merupakan jalan keluar terbaik Anda jika Anda berada dalam situasi yang rentan.

5. Hapus hasil pencarian yang kedaluwarsa

Katakanlah ada laman web berisi informasi tentang Anda di dalamnya yang ingin Anda singkirkan. Seperti halaman struktur organisasi berbulan-bulan setelah Anda berganti pekerjaan.

Anda menghubungi mereka untuk memperbarui halaman. Mereka melakukannya, tetapi ketika mencari nama Anda, halaman masih muncul di hasil pencarian, meskipun nama Anda tidak dapat ditemukan ketika mengklik tautan. Ini berarti, versi lama dari halaman tersebut di-cache di server Google.

Di sinilah alat ini masuk. Kirim URL ke Google dengan harapan itu akan memperbarui servernya menghapus hasil pencarian yang di-cache sehingga Anda tidak lagi terkait dengan halaman. Tidak ada jaminan Google akan menghapus info yang di-cache karena alasan-alasan, tetapi patut dicoba untuk mengusir sebanyak mungkin kehadiran Anda dari internet.

6. Dan akhirnya, menghapus akun surel Anda

Tergantung pada jenis akun email yang Anda miliki, jumlah langkah yang akan diambil akan bervariasi. Anda harus masuk ke akun pribadi dan kemudian menemukan opsi untuk menghapus atau menutup akun.

Beberapa akun akan tetap terbuka untuk jangka waktu tertentu, jadi jika Anda ingin mengaktifkannya kembali, Anda bisa. Alamat email diperlukan untuk menyelesaikan langkah sebelumnya, jadi pastikan ini yang terakhir Anda.

Namun, dari semua trik tersebut ada yang perlu Anda ingat bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat Anda hapus secara permanen dari internet. [Cnet]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS