facebook

Hore! Astronom Temukan Planet Asing Penuh Batu Permata

Dythia Novianty
Hore! Astronom Temukan Planet Asing Penuh Batu Permata
Ilustrasi batu permata. [Shutterstock]

Para astronom menganggap ada dunia lain yang penuh dengan batu permata.

Suara.com - Manusia telah menggali ke Bumi untuk menemukan mineral berharga selama berabad-abad. Begitu banyak yang bisa ditambang di planet ini, tetapi para astronom menganggap ada dunia lain yang penuh dengan batu permata.

Faktanya, ada begitu banyak planet yang dipenuhi dengan batu rubi, zamrud, dan barang-barang mengkilap lainnya yang secara harfiah mereka gemerlap di angkasa. Satu planet semacam itu baru-baru ini diidentifikasi.

Planet itu terletak 21 tahun cahaya dan telah diberi nama HD219134 b. Planet ekstrasurya ini mengorbit dekat dengan bintang induknya dan, dengan demikian, belum mengembangkan inti besi yang sangat besar. Sebaliknya, planet ini kaya dengan kalsium dan aluminium.

"Mungkin berkilau merah menjadi biru seperti batu rubi dan safir, karena batu permata ini adalah aluminium oksida, yang umum di planet ekstrasurya," kata Caroline Dorn, astrofisikawan di Institute for Computational Science dari University of Zurich.

Baca Juga: Astronom Temukan Supernova Baru di Rasi Bintang Cetus

Dorn, bersama rekan-rekan di Universitas Zurich dan yang lain di Universitas Cambridge telah menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan bahwa HD219134 b adalah salah satu dari tiga kandidat yang bisa menjadi milik kelas baru dari planet ekstrasurya yang penuh dengan materi berharga.

Dia mengatakan bahwa kedekatan dengan bintang induk menyebabkan planet-planet ini terbentuk dengan cara yang sama sekali berbeda dengan planet berbatu seperti Bumi dan Mars.

"Banyak elemen masih dalam fase gas di sana dan blok bangunan planet memiliki komposisi yang benar-benar berbeda," katanya.

Sayang, manusia tidak mungkin pernah mencapai planet ini, apalagi menambang batu permata. [Metro]

Baca Juga: Astronom Temukan Bintang Serupa dengan Matahari

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS