Motif Mendasar Serangan Siber Adalah Uang

Silfa Humairah Utami | Yosea Arga Pramudita
Motif Mendasar Serangan Siber Adalah Uang
Konferensi pers Siber dapat berbentuk sofware bajakan. (Suara.com/Yosea Arga Pramudita)

Selain uang, apa saja motif serangan siber?

Suara.com - Motif Mendasar Serangan Siber Adalah Uang .

Serangan siber masih menjadi momok di Indonesia lantaran serangan tersebut menjalar melalui perangkat elektronik. Adapun motif yang dilakukan oleh para hacker dalam hal tersebut, salah satunya uang.

"(Motif) paling utama adalah uang, yang kedua berhubungan tentang politik, yang ketiga tentang personal, dan yang terakhir adalah senang-senang," kata Praktisi Keamanan Siber Yohanes Syailendra di D'consulate Lounge and Resto, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/2019).

Yohanes menjelaskan, uang menjadi hal utama yang mendasari serangan-serangan tersebut. Hal itu lantaran para hacker mencuri data lalu dijual kembali kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

"Tapi lebih banyak lagi mengenai tentang uang atau pencurian informasi, informasi lebih banyak mau itu tentang politik, atau uang juga itu masuk kesana," kata jelasnya.

Namun, penyerangan siber bukan berarti tak dapat cegah. Salah satu cara guna mengnantisipasi hal tersebut dengan cara mengupdate perangkat barang elektronik.

Sebab, para hacker selalu menyerang jika mendapatkan sedikit celah. Sementara, dengan meng-update perangkat elektronik dapat menurunkan presentase celah tersebut.

"Dengan update ini celah keamanannya menurun, dan serangan siber dapat dihindari karena  motif yang paling banyak dilakukan karena uang dan sangat merugikan pengguna," tandas Yohanes.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS