Bersiap Diri, Huawei Kembangkan Sistem Operasi Sendiri

Vania Rossa | Lintang Siltya Utami
Bersiap Diri, Huawei Kembangkan Sistem Operasi Sendiri
Huawei dikabarkan telah mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri. [Shutterstock]

Huawei dikabarkan telah mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri.

Suara.com - Huawei dikabarkan telah mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri dan siap untuk menerapkan ke dalam perangkatnya jika seandainya pelarangan yang diajukan Amerika Serikat mengarah pada larangan ekspor produk dan layanan buatan AS seperti Android dan Windows.

"Kami telah menyiapkan sistem operasi kami sendiri, jika ternyata kami tidak dapat lagi menggunakan sistem tersebut (Android dan Windows), kami akan siap dan memiliki rencana B," ucap Richard Yu, eksekutif Huawei, seperti yang dikutip dari The Verge.

Huawei mulai mengerjakan sistem operasi tersebut pada awal tahun 2012 ketika Amerika Serikat melakukan investigasi terhadap Huawei dan ZTE. Pertempuran antara Amerika Serikat dan Huawei sendiri semakin memanas, setelah pihak Amerika menjatuhkan berbagai tuduhan kepada Huawei. Meski telah berulang kali membantahnya, kini Huawei mengambil tindakan dengan melayangkan gugatan balik kepada Amerika.

Meski telah bersiap diri untuk menghadapi larangan yang lebih buruk, Richard Yu mengatakan bahwa Huawei lebih suka jika bekerja dengan ekosistem Google dan Microsoft. Namun di sisi lain, meskipun dikatakan telah bersiap dengan penggantian sistem operasi, Huawei perlu mencari mitra perangkat keras baru karena selama ini perusahaan masih bergantung pada prosesor Intel untuk segmen laptopnya.

Sayangnya, pihak Huawei belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai penamaan dari sistem operasi itu sendiri, dan apakah Huawei memiliki rencana untuk menyematkannya di dalam smartphone buatannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS