Ini Cara Mengatur Berbagi Lokasi Darurat di Android dan iOS

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ini Cara Mengatur Berbagi Lokasi Darurat di Android dan iOS
Ilustrasi berbagi lokasi darurat. [Shutterstock]

Ponsel pintar juga bisa menjadi penyelamat bagi penggunanya.

Suara.com - Smartphone tidak hanya berfungsi mengirim pesan atau mengambil foto, tapi ponsel pintar juga bisa menjadi penyelamat bagi penggunanya.

Baik ponsel Android dan iOS, keduanya memiliki sistem yang mudah digunakan untuk berbagi lokasi pengguna dengan teman, anggota keluarga atau kontak terpercaya lainnya dalam keadaan darurat. Untuk melakukannya, pengguna harus melakukan konfigurasi sistem darurat pada perangkat terlebih dahulu. Berikut ini cara mengatur berbagi lokasi darurat pada perangkat Android dan iOS, dilansir dari The Verge:

- iOS

Apple menawarkan sistem SOS Darurat built-in yang memberi pengguna cara cepat menelepon penyedia layanan darurat dan memberi tahu orang-orang yang telah ditentukan dalam kontak darurat.

Pengguna cukup membuka aplikasi Kesehatan > ketuk tab ID Medis > ketik Edit (jika pengguna belum membuat ID Medis, pengguna harus membuatnya terlebih dahulu) > temukan opsi Tambah Kontak Darurat. Kemudian pengguna dapat menambahkan beberapa kontak yang pengguna inginkan.

iPhone 8 merah diluncurkan Apple pada Senin (9/4). [Suara.com/Apple.com]
iPhone 8 merah. [Suara.com/Apple.com]

Untuk mengaksesnya, jika pengguna menggunakan iPhone 8 atau versi yang lebih baru, cukup tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume mana pun hingga melihat hitungan mundur "SOS Darurat" muncul di layar. Terus tahan kedua tombol hingga hitungan mundur berakhir, maka ponsel akan secara otomatis akan menelepon nomor penyedia layanan darurat dan setelah panggilan terputus, perangkat akan mengirim SMS ke kontak darurat dengan lokasi pengguna secara real time.

Namun, jika menggunakan iPhone 7 atau versi yang lebih lama, cukup tekan tombol daya lima kali lebih cepat, lalu swipe di bilah geser SOS Darurat yang muncul di layar untuk memulai proses yang sama.

Lain Lagi dengan Smartphone Android

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS